Yang Bukan Merupakan Tujuan Dari Penjernihan Air

Penjernihan air merupakan suatu proses untuk menghilangkan kotoran dan bahan-bahan kimia yang terdapat dalam air sehingga air tersebut menjadi lebih jernih dan layak untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa hal yang bukan merupakan tujuan dari penjernihan air. Apa sajakah itu? Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Membuat Air Lebih Beraroma

Aroma yang sedap pada air memang bisa membuatnya lebih enak untuk diminum. Namun, aroma yang dihasilkan bukanlah tujuan dari penjernihan air. Penjernihan air lebih ditekankan untuk menghilangkan partikel-partikel yang tidak diinginkan dalam air seperti logam berat, bakteri, zat kimia, dan sebagainya.

2. Mengembalikan Warna Air yang Asli

Warna air yang asli sebenarnya dapat bervariasi dari bening hingga kebiruan. Namun, penjernihan air tidak bertujuan untuk mengembalikan warna asli air. Proses tersebut lebih ditekankan pada penghilangan partikel-partikel yang tidak diinginkan dalam air.

3. Membersihkan Akuarium

Memiliki akuarium yang bersih memang penting untuk kesehatan ikan yang ada di dalamnya. Namun, penjernihan air bukanlah tujuan utama untuk membersihkan akuarium. Proses penjernihan air menjadi lebih penting ketika air yang digunakan untuk akuarium mengandung banyak partikel-partikel yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan kesehatan ikan.

4. Menghilangkan Rasa pada Air

Air yang memiliki rasa yang kurang enak memang tidak enak untuk diminum. Namun, penjernihan air tidak bertujuan untuk menghilangkan rasa air. Tujuannya lebih ditekankan pada penghilangan partikel-partikel yang tidak diinginkan dalam air.

5. Meningkatkan Kadar Oksigen pada Air

Meskipun kadar oksigen yang cukup penting untuk kehidupan ikan di dalam akuarium, penjernihan air bukanlah tujuan utama untuk meningkatkan kadar oksigen pada air. Kadar oksigen yang cukup dapat dicapai dengan melakukan beberapa hal seperti memasang aerator atau mengganti air secara berkala.

6. Mengubah pH Air

pH air yang baik untuk kesehatan tubuh manusia sekitar 6,5-8,5. Namun, penjernihan air tidak bertujuan untuk mengubah pH air. Proses tersebut lebih ditekankan pada penghilangan partikel-partikel yang tidak diinginkan dalam air.

7. Meningkatkan Kandungan Gizi dalam Air

Kandungan gizi dalam air sangatlah penting untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, penjernihan air bukanlah tujuan utama untuk meningkatkan kandungan gizi dalam air. Hal ini lebih diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

8. Meningkatkan Kehijauan pada Tanaman

Kehijauan pada tanaman sangat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti nutrisi, air, dan sebagainya. Namun, penjernihan air tidak bertujuan untuk meningkatkan kehijauan pada tanaman. Proses tersebut lebih ditekankan pada penghilangan partikel-partikel yang tidak diinginkan dalam air.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan penjernihan air?

Penjernihan air merupakan suatu proses untuk menghilangkan kotoran dan bahan-bahan kimia yang terdapat dalam air sehingga air tersebut menjadi lebih jernih dan layak untuk dikonsumsi.

2. Apa saja yang bukan merupakan tujuan dari penjernihan air?

Beberapa hal yang bukan merupakan tujuan dari penjernihan air antara lain membuat air lebih beraroma, mengembalikan warna air yang asli, membersihkan akuarium, menghilangkan rasa pada air, meningkatkan kadar oksigen pada air, mengubah pH air, meningkatkan kandungan gizi dalam air, dan meningkatkan kehijauan pada tanaman.

3. Apakah penjernihan air penting untuk kesehatan manusia?

Ya, penjernihan air penting untuk kesehatan manusia. Air yang tidak dijernihkan dapat mengandung partikel-partikel yang dapat membahayakan kesehatan manusia jika dikonsumsi.

4. Apakah penjernihan air hanya penting untuk air minum?

Tidak hanya untuk air minum, penjernihan air juga penting untuk berbagai keperluan seperti mandi, mencuci, dan sebagainya.

5. Apakah penjernihan air dapat dilakukan secara manual?

Penjernihan air dapat dilakukan secara manual dengan beberapa cara seperti menyaring air dengan kain, tapi hal ini tidak cukup efektif untuk menghilangkan partikel-partikel yang tidak diinginkan dalam air secara menyeluruh. Lebih baik menggunakan alat penjernih air yang telah dirancang khusus. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.