Teknik Dan Prosedur Pembuatan Alat Penjernih Air Dengan Bahan Alam

Kamu pasti tahu betapa pentingnya air bersih bagi kehidupan kita. Namun, tidak semua orang di dunia memiliki akses ke air bersih. Berdasarkan data WHO, sekitar 2,2 miliar orang di dunia tidak memiliki akses ke air bersih. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari cara untuk membersihkan air agar bisa diminum. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat alat penjernih air dengan bahan alam. Di artikel ini, kamu akan diajarkan teknik dan prosedur pembuatan alat penjernih air dengan bahan alam.

1. Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat alat penjernih air dengan bahan alam, kamu harus menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan dan alat yang kamu butuhkan:
– Batu kerikil
– Arang kayu
– Pasir halus
– Kerang atau cangkang telur
– Botol plastik bekas
– Pisau
– Gunting

2. Persiapan Alat

Setelah menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat penjernih air tersebut. Pertama, ambil botol plastik bekas dan potong bagian atasnya menggunakan gunting. Pastikan bagian potongan tidak terlalu besar atau kecil, karena itu akan mempengaruhi hasil penjernihan air. Setelah itu, ambil kerang atau cangkang telur, lalu gunakan pisau untuk membuat lubang kecil pada bagian tepinya.

3. Membuat Lapisan Pertama

Lapisan pertama yang akan dibuat adalah lapisan kerikil. Masukkan batu kerikil ke dalam botol hingga mencapai setengah bagian dari botol. Lapisan kerikil ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan partikel besar pada air.

4. Membuat Lapisan Kedua

Setelah lapisan kerikil, masukkan arang kayu ke dalam botol hingga mencapai ¼ bagian dari botol. Lapisan arang kayu berfungsi untuk menghilangkan bau, warna, dan rasa pada air.

5. Membuat Lapisan Ketiga

Masukkan pasir halus ke dalam botol hingga mencapai ¼ bagian dari botol. Lapisan pasir ini berfungsi untuk menyaring partikel-partikel yang lebih kecil dari air.

6. Lapisan Penutup

Terakhir, tutup botol dengan lapisan kerikil. Pastikan bahwa batu kerikil yang digunakan pada lapisan penutup lebih kecil dari batu kerikil pada lapisan pertama. Ini akan membantu menjaga agar lapisan-lapisan yang ada di dalam botol tidak berantakan saat digunakan.

7. Cara Menggunakan Alat Penjernih Air

Setelah selesai membuat alat penjernih air, kamu bisa langsung menggunakannya. Caranya adalah dengan menuangkan air yang akan dijernihkan ke dalam botol yang sudah disiapkan. Kemudian, biarkan air mengalir melalui lapisan kerikil, arang kayu, pasir halus, dan lapisan kerikil di bagian penutup botol. Air yang keluar dari botol sudah bersih dan siap untuk dikonsumsi.

8. FAQ

Q: Apakah air yang dihasilkan oleh alat penjernih air dengan bahan alam sudah pasti aman untuk diminum?
A: Alat penjernih air dengan bahan alam ini hanya bisa digunakan sebagai alternatif ketika tidak ada sumber air bersih. Namun, untuk memastikan keamanan air yang dihasilkan dari alat penjernih air ini, kamu perlu memastikan bahwa air yang digunakan pada awalnya sudah bersih.Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjernihkan air menggunakan alat ini?
A: Waktu yang dibutuhkan untuk menjernihkan air menggunakan alat ini tergantung pada banyaknya air yang dijernihkan dan kondisi air yang digunakan. Untuk hasil yang lebih maksimal, biarkan waktu sedikit lebih lama sehingga lapisan-lapisan di dalam botol dapat bekerja secara optimal.

Kesimpulan

Itulah teknik dan prosedur pembuatan alat penjernih air dengan bahan alam. Dengan membuat alat penjernih air seperti ini, kamu bisa membantu menyaring air dari sumber yang tidak bersih dan membuatnya menjadi lebih aman untuk digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Terima kasih telah membaca.