Sebutkan Tahapan Umum Penjernihan Air

Jernihnya air yang kita konsumsi tidak hanya berasal dari sumber air alami, namun juga melalui proses penjernihan air yang kompleks. Tahapan penjernihan air meliputi beberapa proses untuk menghilangkan kontaminan, zat kimia, dan bakteri dari air sehingga air bisa aman untuk dikonsumsi. Berikut adalah tahapan umum penjernihan air:

1. Pengendapan

Pengendapan adalah tahap pertama dalam proses penjernihan air. Pada tahap ini, air yang akan dijernihkan ditampung dalam sebuah bak penampung, kemudian dibiarkan selama beberapa waktu hingga kotoran dan partikel-partikel yang terlarut dalam air mengendap ke dasar bak. Setelah itu, air yang jernih diambil dari permukaan bak menggunakan sistem inlet/outlet.

2. Koagulasi

Setelah tahap pengendapan, air yang masih terdapat partikel-partikel halus seperti tanah lempung, pasir, dan bahan organik lainnya harus dihilangkan. Proses koagulasi dilakukan dengan menambahkan bahan kimia tertentu ke dalam air, seperti aluminium sulfat atau besi klorida. Bahan kimia tersebut akan menyebabkan partikel-partikel halus membentuk gumpalan-gumpalan besar yang mudah diendapkan.

3. Flokulasi

Pada tahap flokulasi, gumpalan-gumpalan besar yang terbentuk pada tahap koagulasi akan digoyangkan dengan lambat untuk membantu partikel-partikel kecil yang tersisa mengendap. Proses ini sering dilakukan dengan menggunakan alat pemutar lambat yang disebut flocculators.

4. Sedimentasi

Setelah melakukan flokulasi, gumpalan-gumpalan besar yang terbentuk diendapkan secara perlahan-lahan di dalam sebuah bak sedimen. Bak sedimen ini memiliki desain khusus yang memungkinkan partikel-partikel halus yang tersisa mengendap ke dasar bak.

5. Filtrasi

Setelah tahap sedimentasi, air yang telah terjernihkan melewati berbagai media filter untuk menghilangkan partikel-partikel halus yang tersisa. Media filter yang biasa digunakan antara lain pasir, karbon aktif, dan zeolit. Media filter ini juga berguna untuk menghilangkan zat kimia yang berbahaya dari air, seperti klorin dan amonia.

6. Desinfeksi

Setelah melalui tahap filtrasi, air yang telah terjernihkan masih mengandung bakteri dan kuman yang berbahaya. Oleh karena itu, air harus diolah lagi dengan cara desinfeksi. Proses ini melibatkan penambahan bahan kimia seperti klorin atau ozon ke dalam air untuk membunuh bakteri dan kuman yang berbahaya.

7. Penyimpanan

Setelah melalui semua tahap di atas, air yang telah terjernihkan disimpan dalam bak penampung yang bersih dan aman untuk dikonsumsi. Bak penampung ini kemudian dikontrol tingkat pH dan kadar klorinnya.

8. Distribusi

Air yang telah dibersihkan kemudian didistribusikan melalui sistem pipa ke rumah-rumah atau gedung-gedung. Setiap area biasanya memiliki instalasi pengolahan air sendiri untuk memastikan air yang diterima konsumen sudah aman dan bersih untuk dikonsumsi.

FAQ

Q: Apakah semua air harus melalui tahapan penjernihan?

A: Tidak semua air harus melalui tahapan penjernihan, namun air yang dikonsumsi oleh manusia harus melalui tahapan penjernihan terlebih dahulu agar aman dan bersih untuk dikonsumsi.

Q: Apa yang terjadi jika kita mengonsumsi air yang belum dijernihkan?

A: Mengonsumsi air yang belum dijernihkan bisa mengakibatkan penyakit dan infeksi pada tubuh. Air yang terkontaminasi bisa mengandung banyak bakteri, virus, zat kimia, dan kontaminan lainnya yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Q: Apakah penjernihan air hanya dilakukan oleh pabrik pengolahan air berskala besar?

A: Tidak. Penjernihan air bisa dilakukan di rumah atau di komunitas kecil dengan menggunakan alat penjernih air seperti penyaring air atau alat pembersih air sederhana yang dapat dibuat sendiri.

Q: Apakah air yang sudah dijernihkan sepenuhnya aman untuk dikonsumsi?

A: Selalu ada kemungkinan bahwa air yang telah dijernihkan masih mengandung kontaminan yang berbahaya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan dan pengujian secara berkala untuk memastikan bahwa air yang dikonsumsi selalu aman dan bersih.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel kami yang lainnya untuk informasi yang lebih menarik.