Sebutkan 4 Tujuan Penjernihan Air

Air bersih menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia untuk keperluan sehari-hari. Namun, sayangnya, tidak semua air yang tersedia dapat langsung dikonsumsi. Oleh karena itu, diperlukan penjernihan air agar dapat memenuhi kebutuhan akan air bersih yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah 4 tujuan utama dari penjernihan air:

1. Menghilangkan Kuman dan Bakteri

Penjernihan air bertujuan untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang terdapat pada air. Kuman dan bakteri ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diare, kolera, demam tifoid, dan lain-lain. Oleh karena itu, dengan melakukan penjernihan, dapat memastikan bahwa air yang dikonsumsi aman dari kuman dan bakteri.

2. Menghilangkan Bahan Kimia dan Zat Berbahaya Lainnya

Air yang tercemar dapat mengandung bahan kimia dan zat berbahaya lainnya seperti logam berat dan pestisida. Zat-zat ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker, gangguan hormonal, dan lain-lain. Dengan melakukan penjernihan, dapat memastikan bahwa air yang dikonsumsi bebas dari zat berbahaya tersebut.

3. Meningkatkan Rasa dan Bau Air

Air yang tercemar sering kali memiliki rasa dan bau yang tidak sedap. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas hidup manusia. Dengan melakukan penjernihan, dapat meningkatkan rasa dan bau air sehingga lebih enak dan segar untuk dikonsumsi.

4. Meningkatkan Kualitas Ekosistem

Air yang tercemar juga dapat mempengaruhi kualitas ekosistem di sekitar kita. Air yang tercemar dapat merusak kehidupan hewan dan tumbuhan yang bergantung pada air. Dengan melakukan penjernihan, dapat memastikan kualitas ekosistem tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan akibat air yang tercemar.

FAQ

Apa saja metode penjernihan air yang umum digunakan?

Ada beberapa metode penjernihan air yang umum digunakan, di antaranya adalah filtrasi, penggunaan bahan kimia, radiasi sinar ultraviolet, dan osmosis terbalik.

Apa bedanya antara penjernihan air dan penyaringan air?

Penjernihan air dan penyaringan air memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menghilangkan kotoran dan zat berbahaya dari air. Namun, metodenya berbeda. Penjernihan air lebih kompleks dan dapat menghilangkan kuman dan bakteri, sedangkan penyaringan air hanya menghilangkan partikel-partikel kasar.

Apakah air mineral perlu dijernihkan lagi?

Air mineral sebenarnya tidak perlu dijernihkan lagi karena sudah melalui proses penjernihan yang ketat sebelum dikemas dan dijual. Namun, pastikan air mineral yang dikonsumsi berasal dari sumber yang terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Kesimpulan

Penjernihan air merupakan upaya yang sangat penting untuk memastikan kualitas dan keamanan air yang akan dikonsumsi. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan manusia, tetapi juga bagi kualitas ekosistem di sekitar kita. Oleh karena itu, setiap orang diharapkan dapat memprioritaskan kebersihan dan keamanan air dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang akan bermanfaat bagi kamu.