Salah Satu Metode Yang Tepat Digunakan Untuk Penjernihan Air

Air adalah salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sayangnya, air yang diambil dari sumber alam sering kali terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, penjernihan air menjadi hal yang sangat penting agar air tersebut bisa digunakan dengan aman tanpa mengganggu kesehatan manusia dan lingkungan sekitar.

Metode Coagulation-Flocculation

Metode Coagulation-Flocculation merupakan salah satu metode penjernihan air yang sangat efektif. Metode ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap koagulasi dan tahap flokulasi. Pada tahap koagulasi, zat-zat kimia seperti Aluminium Sulfat (Al2(SO4)3) dan Ferrous Sulfat (FeSO4) ditambahkan ke dalam air untuk membantu menggumpalkan partikel-partikel yang terkandung di dalam air. Pada tahap berikutnya, yaitu tahap flokulasi, partikel-partikel yang telah menggumpal tersebut diikat oleh zat-zat kimia seperti Polyacrylamide (PAM) untuk membentuk flok. Flok ini nantinya akan diendapkan dan disaring sehingga air yang dihasilkan menjadi lebih bersih dan aman untuk digunakan.

Keuntungan Metode Coagulation-Flocculation

Metode Coagulation-Flocculation memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah:

1. Mampu Menghilangkan Zat-Zat Kimia Berbahaya

Dalam proses Coagulation-Flocculation, zat-zat kimia yang berbahaya seperti arsenik, barium, dan kadmium akan mengendap dan terpisah dari air. Sehingga, air yang dihasilkan menjadi lebih aman untuk dikonsumsi.

2. Mudah dan Murah

Metode Coagulation-Flocculation adalah salah satu metode yang mudah dan murah untuk digunakan. Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan juga mudah ditemukan di pasaran.

3. Efektif Menghilangkan Partikel-Partikel Halus

Metode Coagulation-Flocculation mampu menghilangkan partikel-partikel halus seperti lumpur, tanah, dan partikel organik lainnya yang seringkali sulit dihilangkan dengan metode penjernihan air lainnya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Metode Coagulation-Flocculation Aman dan Ramah Lingkungan?

Ya, metode Coagulation-Flocculation aman dan ramah lingkungan karena bahan kimia yang digunakan dalam proses tersebut tidak membahayakan lingkungan sekitar.

2. Apakah Proses Coagulation-Flocculation Mampu Menghilangkan Virus dan Bakteri?

Tidak, proses Coagulation-Flocculation tidak mampu menghilangkan virus dan bakteri dari air. Oleh karena itu, air yang telah dijernihkan dengan metode ini harus diolah lagi dengan metode lain untuk menghilangkan virus dan bakteri.

3. Apakah Metode Coagulation-Flocculation Dapat Digunakan untuk Penjernihan Air Limbah?

Ya, metode Coagulation-Flocculation sangat efektif untuk penjernihan air limbah. Bahkan, beberapa pabrik dan industri menggunakannya untuk menjernihkan air limbah yang mereka hasilkan.

Kesimpulan

Metode Coagulation-Flocculation merupakan salah satu metode yang tepat digunakan untuk penjernihan air. Metode ini mudah, murah, dan sangat efektif dalam menghilangkan zat-zat kimia berbahaya serta partikel-partikel halus yang terdapat dalam air. Meskipun begitu, metode ini tidak mampu menghilangkan virus dan bakteri dari air. Oleh karena itu, air yang telah dijernihkan dengan metode ini harus diolah lagi dengan metode lain untuk menghilangkan virus dan bakteri. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa baca artikel lainnya yang bisa menambah pengetahuan kamu tentang sains dan teknologi.