Rpp Prakarya Alat Penjernih Air Kelas 8

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua air yang tersedia di sekitar kita sudah bersih dan aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, diperlukan alat penjernih air yang dapat digunakan untuk membersihkan air dari berbagai kotoran dan zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Dalam mata pelajaran prakarya, siswa akan diajarkan tentang cara membuat alat penjernih air sederhana yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Sub Judul 1: Tujuan Pembuatan Alat Penjernih Air

Tujuan utama dari pembuatan alat penjernih air adalah untuk membersihkan air dari berbagai kotoran dan zat berbahaya sehingga air tersebut dapat digunakan dengan aman dan sehat untuk diminum atau digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan adanya alat penjernih air sederhana ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya menjaga kualitas air yang dikonsumsi dan dapat membuat alat penjernih air sendiri di rumah.

Sub Judul 2: Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat alat penjernih air sederhana ini antara lain botol bekas, pasir, kapas, arang aktif, dan kain saring. Selain itu, juga dibutuhkan alat seperti gunting, pisau, dan alat pengukur.

Sub Judul 3: Cara Membuat Alat Penjernih Air

Langkah-langkah pembuatan alat penjernih air sederhana adalah sebagai berikut:1. Bersihkan botol bekas dan potong bagian bawahnya.2. Masukkan kapas ke dalam botol bekas sekitar 1/5 bagian dari keseluruhan botol.3. Tambahkan lapisan pasir setebal 1/5 bagian dari keseluruhan botol.4. Tambahkan lapisan arang aktif setebal 1/5 bagian dari keseluruhan botol.5. Tambahkan lagi lapisan pasir setebal 1/5 bagian dari keseluruhan botol.6. Tambahkan lagi lapisan kapas setebal 1/5 bagian dari keseluruhan botol.7. Tutup botol bekas dengan kain saring dan pasang di atas wadah.8. Isi botol dengan air yang akan dijernihkan.

Sub Judul 4: Cara Menggunakan Alat Penjernih Air

Cara menggunakan alat penjernih air sederhana ini cukup mudah, yaitu dengan mengisi botol bekas dengan air yang akan dijernihkan dan menunggu beberapa saat hingga air tersebut disaring oleh lapisan kapas, pasir, dan arang aktif di dalam botol. Setelah itu, air yang sudah disaring dapat digunakan dengan aman dan sehat untuk diminum atau digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Sub Judul 5: Kelebihan dan Kekurangan Alat Penjernih Air Sederhana

Kelebihan dari alat penjernih air sederhana ini adalah mudah dibuat dengan bahan yang mudah didapat, biaya yang murah, dan dapat digunakan di rumah. Namun, kekurangan dari alat ini adalah kapasitasnya yang terbatas dan tidak bisa digunakan untuk menyaring air dalam jumlah yang banyak.

Sub Judul 6: Alternatif Alat Penjernih Air Lainnya

Selain alat penjernih air sederhana ini, terdapat juga alternatif alat penjernih air lainnya seperti alat penjernih air dengan filter karbon aktif, alat penjernih air dengan ozon, dan alat penjernih air dengan sistem reverse osmosis. Namun, kebanyakan alternatif ini memerlukan biaya yang lebih mahal dan tidak dapat dibuat sendiri di rumah.

Sub Judul 7: FAQ Tentang Alat Penjernih Air Sederhana

Q: Apakah alat penjernih air sederhana ini dapat membersihkan air dari semua jenis kotoran?A: Tidak, alat penjernih air sederhana ini hanya dapat membersihkan air dari kotoran dan zat-zat tertentu seperti pasir, lumpur, dan zat-zat berbahaya.Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyaring air dengan alat penjernih air sederhana ini?A: Waktu yang dibutuhkan untuk menyaring air dengan alat penjernih air sederhana ini bervariasi tergantung pada kualitas air yang akan dijernihkan dan jumlah air yang akan disaring. Namun, biasanya memerlukan waktu sekitar 30-60 menit.

Sub Judul 8: Kesimpulan

Dalam mata pelajaran prakarya, siswa diajarkan tentang cara membuat alat penjernih air sederhana yang sangat penting untuk menjaga kualitas air yang dikonsumsi. Dengan adanya alat penjernih air sederhana ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya menjaga kualitas air yang dikonsumsi dan dapat membuat alat penjernih air sendiri di rumah. Namun, perlu diingat bahwa alat penjernih air sederhana ini hanya dapat membersihkan air dari kotoran dan zat-zat tertentu dan tidak dapat digunakan untuk menyaring air dalam jumlah yang banyak.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.