Proses Penjernihan Air Dengan Menggunakan Tawas

Air merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua air yang tersedia sudah layak untuk dikonsumsi. Air yang tidak terjernihkan dapat mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan seperti bakteri, virus, logam berat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perlu adanya proses penjernihan air sebelum dikonsumsi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan tawas.

Apa itu Tawas?

Tawas adalah salah satu bahan kimia yang sering digunakan dalam proses penjernihan air. Biasanya, tawas digunakan pada air sumur atau air tanah yang kadar kekeruhannya tinggi. Tawas sendiri terdiri dari senyawa Aluminium Sulfat atau Al2(SO4)3 dan sering disebut juga sebagai aluminium sulfate atau alum.

Bagaimana Proses Penjernihan Air dengan Menggunakan Tawas?

Proses penjernihan air menggunakan tawas terdiri dari beberapa tahapan. Berikut adalah tahapan-tahapan tersebut:

1. Pemilihan Tawas yang Baik

Sebelum digunakan, pastikan tawas yang akan digunakan dalam proses penjernihan air adalah tawas yang berkualitas baik. Hal ini untuk memastikan bahwa proses penjernihan air dapat berjalan dengan optimal.

2. Menyiapkan Air yang Akan Dijernihkan

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan air yang akan dijernihkan. Pastikan air tersebut sudah dipisahkan dengan endapan (jika ada) dan sudah masuk ke dalam wadah yang bersih.

3. Menambahkan Tawas ke dalam Air

Setelah air siap, tambahkan tawas ke dalam air dengan perbandingan yang tepat. Umumnya, perbandingan tawas dan air adalah 1:1000. Jangan terlalu banyak menambahkan tawas karena dapat membuat air menjadi kelebihan Aluminium Sulfat.

4. Mencampur Air dan Tawas

Setelah tawas ditambahkan ke dalam air, aduk campuran tersebut secara perlahan selama beberapa menit. Tujuannya adalah agar tawas dapat berbaur secara merata dengan air.

5. Menunggu Air Mengendap

Setelah dicampur, biarkan air dan tawas selama beberapa waktu hingga tawas dapat mengendap ke dasar wadah. Waktu yang diperlukan untuk proses pengendapan bervariasi, tergantung pada jumlah tawas yang ditambahkan dan kekeruhan air.

6. Memisahkan Air dari Endapan Tawas

Setelah tawas mengendap, pisahkan air yang telah jernih dari endapan tawas menggunakan wadah yang bersih.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Tawas dalam Proses Penjernihan Air?

Tawas memiliki beberapa keuntungan dalam proses penjernihan air, diantaranya adalah:1. Efektif dalam menghilangkan keruh pada air2. Menghilangkan bau dan rasa tidak sedap pada air3. Mudah ditemukan di pasaran dan harganya terjangkau

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Apakah tawas aman digunakan untuk penjernihan air?Jawab: Ya, tawas aman digunakan untuk penjernihan air jika digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku.2. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam proses pengendapan?Jawab: Waktu yang diperlukan untuk proses pengendapan bervariasi, tergantung pada jumlah tawas yang ditambahkan dan kekeruhan air.3. Apa yang harus dilakukan jika air tidak jernih setelah ditambahkan tawas?Jawab: Jika air tidak jernih setelah ditambahkan tawas, coba tambahkan kembali tawas dengan perbandingan yang tepat.

Kesimpulan

Proses penjernihan air dengan menggunakan tawas adalah salah satu cara yang efektif dan mudah untuk menjadikan air yang tadinya keruh menjadi jernih. Dalam proses ini, tawas berfungsi untuk mengendapkan partikel-partikel yang membuat air keruh dan bau tidak sedap. Dengan menggunakan tawas, air yang tadinya tidak layak dikonsumsi dapat menjadi air yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya!