Prosedur Pembuatan Alat Penjernih Air Dengan Bahan Alam

Kamu pasti tahu betapa pentingnya air bagi manusia. Sayangnya, tidak semua air yang kita temui di sekitar kita bisa langsung diminum. Ada banyak air yang terkontaminasi dan dapat membahayakan tubuh. Oleh karena itu, alat penjernih air menjadi sangat penting. Namun, alat penjernih air yang dijual di pasaran cenderung mahal dan menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat alat penjernih air dengan bahan alam yang mudah didapatkan.

Bahan-bahan yang diperlukan

– Batu arang aktif- Pasir halus- Kerikil kecil- Kain saring atau kain kasa- Ember atau wadah air besar- Pipa PVC

Langkah-langkah pembuatan

1. Siapkan pipa PVC dan potong menjadi beberapa bagian dengan panjang yang sama. Bagian yang akan diisi dengan material penjernih sebaiknya sedikit lebih pendek agar mudah untuk mengganti material jika diperlukan.2. Masukkan batu arang aktif ke dalam pipa PVC. Pastikan batu arang aktif sudah dicuci bersih sebelum dimasukkan.3. Tambahkan lapisan pasir halus di atas batu arang aktif. Lapisan pasir halus ini berfungsi untuk menahan kotoran yang lebih kecil.4. Selanjutnya, tambahkan kerikil kecil di atas pasir halus. Kerikil ini berguna untuk menahan material yang lebih besar.5. Ulangi langkah 2 hingga 4 sampai pipa PVC terisi penuh dengan material penjernih.6. Pasang kain saring atau kain kasa pada ujung pipa PVC yang paling bawah. Kain saring ini berguna untuk menahan material yang tidak dapat ditahan oleh material penjernih di dalam pipa PVC.7. Masukkan pipa PVC ke dalam ember atau wadah air besar. Pastikan ujung pipa PVC yang tertutup kain saring berada di atas.8. Alat penjernih air siap digunakan. Masukkan air yang akan dijernihkan ke dalam ember dan biarkan air mengalir melalui pipa PVC. Air yang keluar dari pipa PVC sudah jernih dan siap digunakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat alat penjernih air ini?
A: Waktu yang dibutuhkan relatif singkat, hanya sekitar 30 menit hingga 1 jam saja.Q: Di mana bisa mendapatkan batu arang aktif?
A: Batu arang aktif bisa ditemukan di toko alat kesehatan atau toko bahan bangunan.Q: Apakah alat penjernih air ini bisa digunakan untuk air laut?
A: Alat penjernih air ini hanya bisa digunakan untuk air tawar. Untuk air laut, diperlukan proses pengolahan air laut yang lebih kompleks.

Kesimpulan

Membuat alat penjernih air dengan bahan alam ternyata tidak sulit. Material yang digunakan juga mudah didapatkan. Dengan menggunakan alat penjernih air ini, kamu bisa mendapatkan air yang lebih jernih dan aman untuk digunakan. Selain itu, alat penjernih air ini tidak menggunakan bahan kimia berbahaya yang bisa merusak lingkungan. Yuk, cobain membuatnya sendiri di rumah! Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di website kami.