Prinsip Penjernihan Air Menggunakan Tawas Berkaitan Dengan Sifat Koloid Yaitu

Air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Namun, air yang terkontaminasi dapat mengakibatkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa air yang kita gunakan bersih dan aman untuk dikonsumsi. Salah satu cara untuk membersihkan air adalah dengan menggunakan tawas. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari prinsip penjernihan air menggunakan tawas berkaitan dengan sifat koloid.

Apa itu Tawas?

Tawas adalah senyawa kimia yang digunakan dalam proses penjernihan air. Senyawa ini dapat membantu mengendapkan kotoran dan partikel yang terlarut dalam air. Tawas biasanya berbentuk padat dan larut dalam air. Ketika ditambahkan ke dalam air, tawas akan melepaskan ion kalsium dan ion hidroksida, yang dapat menyerap partikel-partikel kecil dalam air dan membentuk endapan.

Sifat Koloid pada Air

Air dapat mengandung partikel-partikel kecil yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Partikel ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti lumpur, tanah, atau makhluk hidup. Karena partikel-partikel ini sangat kecil, mereka dapat tetap terlarut dalam air dan sulit untuk dihilangkan. Inilah yang disebut sebagai sifat koloid pada air.Sifat koloid pada air dapat memberikan beberapa efek. Pertama, air yang mengandung partikel koloid dapat terlihat keruh dan tidak jernih. Kedua, partikel-partikel koloid ini dapat menjadi tempat hidup bagi bakteri dan virus, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit. Oleh karena itu, penting untuk menyingkirkan partikel-partikel koloid dari air sebelum digunakan.

Proses Penjernihan Air menggunakan Tawas

Proses penjernihan air menggunakan tawas didasarkan pada prinsip elektrokimia. Ketika tawas ditambahkan ke dalam air, terjadi reaksi kimia antara ion kalsium dan ion hidroksida yang dilepaskan oleh tawas dengan partikel-partikel kecil yang terlarut dalam air. Partikel-partikel ini kemudian membentuk endapan yang dapat diendapkan dan disaring dari air. Selain itu, ion kalsium dan ion hidroksida yang tersisa dalam air dapat membantu membunuh bakteri dan virus yang mungkin ada dalam air.

Keuntungan Menggunakan Tawas dalam Penjernihan Air

Tawas memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan metode lain dalam penjernihan air. Pertama, tawas mudah didapatkan dan relatif murah. Kedua, tawas dapat membantu membunuh bakteri dan virus dalam air. Ketiga, tawas dapat diaplikasikan dalam skala kecil maupun besar, sehingga dapat digunakan oleh individu ataupun masyarakat.

Cara Menggunakan Tawas dalam Penjernihan Air

Untuk menggunakan tawas dalam penjernihan air, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Siapkan tawas dalam bentuk padat atau cair2. Tambahkan tawas ke dalam air yang akan dijernihkan3. Aduk secara perlahan hingga tawas tercampur dengan air4. Biarkan selama beberapa jam hingga endapan terbentuk5. Saring endapan menggunakan kain atau saringan6. Air yang telah disaring siap digunakan

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan sifat koloid pada air?Sifat koloid pada air adalah kemampuan air untuk menyimpan partikel-partikel kecil yang tidak terlihat dengan mata telanjang.2. Bagaimana tawas membantu dalam penjernihan air?Tawas dapat membantu mengendapkan partikel-partikel kecil yang terlarut dalam air dan membentuk endapan.3. Apa keuntungan menggunakan tawas dalam penjernihan air?Keuntungan menggunakan tawas adalah mudah didapatkan, relatif murah, dapat membantu membunuh bakteri dan virus dalam air, dan dapat diaplikasikan dalam skala kecil maupun besar.

Kesimpulan

Air yang terkontaminasi dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa air yang kita gunakan bersih dan aman untuk dikonsumsi. Tawas adalah salah satu senyawa kimia yang dapat membantu dalam proses penjernihan air. Dalam proses penjernihan air menggunakan tawas, sifat koloid pada air menjadi faktor penting dalam membantu mengendapkan partikel-partikel kecil. Penggunaan tawas dalam penjernihan air memiliki beberapa keuntungan, seperti mudah didapatkan, relatif murah, dan dapat membunuh bakteri dan virus dalam air.