Penyaringan Air Keruh Menjadi Jernih

Banyak orang tidak menyadari bahwa air yang mereka gunakan untuk mandi, mencuci atau minum masih mengandung kotoran dan bakteri. Air keruh sangat tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan penyaringan air keruh agar menjadi jernih. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Menggunakan Saringan Pasir

Metode penyaringan air keruh yang pertama adalah dengan menggunakan saringan pasir. Saringan ini bekerja dengan memisahkan kotoran dan partikel-partikel kecil dari air. Saringan pasir sangat efektif dalam menghilangkan partikel-partikel yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Selain itu, saringan pasir juga mudah dioperasikan dan cukup murah.

2. Menggunakan Karbon Aktif

Selain saringan pasir, kamu juga bisa menggunakan karbon aktif sebagai bahan penyaringan air keruh. Karbon aktif dapat menyerap zat-zat kimia beracun dan bau tak sedap dari air. Karbon aktif mempunyai pori-pori kecil yang dapat menyerap zat-zat tersebut. Karbon aktif juga mudah didapatkan dan cukup murah.

3. Menggunakan Ultraviolet Light

Penyaringan air keruh dengan menggunakan ultraviolet light menjadi metode yang cukup populer saat ini. Metode ini bekerja dengan memanfaatkan sinar ultraviolet untuk membunuh bakteri dan virus yang ada di dalam air. Metode ini sangat efektif dalam membunuh kuman dan bakteri yang semakin sulit dibasmi dengan metode yang lain.

4. Menggunakan Ozon

Ozon adalah gas yang dapat membunuh bakteri dan virus dengan cepat. Metode ini bekerja dengan memasukkan ozon ke dalam air sehingga kuman dan bakteri mati. Metode ini cukup efektif dan mudah dilakukan. Namun, metode ini memerlukan biaya yang cukup besar untuk pembelian peralatan.

5. Menggunakan Membran Filtrasi

Metode penyaringan air keruh yang terakhir adalah dengan menggunakan membran filtrasi. Metode ini bekerja dengan memisahkan kotoran dan partikel-partikel yang terlalu kecil dari air. Membran filtrasi sangat efektif dalam menghilangkan partikel-partikel yang sangat kecil sampai mikroskopis. Metode ini memerlukan biaya yang cukup besar untuk pembelian peralatan.

FAQ

1. Bagaimana cara mengetahui apakah air yang kita gunakan masih keruh atau tidak?

Kamu dapat mengetahui apakah air yang kamu gunakan masih keruh atau tidak dengan melihat apakah air tersebut terlihat bening atau tidak. Jika air terlihat keruh atau berwarna kuning kecoklatan, maka air tersebut masih mengandung kotoran dan bakteri.

2. Apa yang harus dilakukan jika air yang digunakan masih keruh?

Jika air yang kamu gunakan masih keruh, segera lakukan penyaringan air dengan menggunakan salah satu metode penyaringan yang telah dijelaskan di atas.

3. Apa yang harus dilakukan jika tidak memiliki peralatan untuk melakukan penyaringan air?

Jika tidak memiliki peralatan untuk melakukan penyaringan air, kamu dapat memasak air terlebih dahulu agar kuman dan bakteri mati. Pastikan juga kamu tidak menggunakan air yang masih terlihat keruh atau berwarna kuning kecoklatan.Air keruh dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit jika tidak ditangani dengan baik. Penyaringan air keruh menjadi cara terbaik untuk mendapatkan air yang bersih dan jernih. Terdapat beberapa metode penyaringan air keruh seperti saringan pasir, karbon aktif, ultraviolet light, ozon, dan membran filtrasi yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang kamu miliki. Jangan lupa untuk selalu memeriksa air yang kamu gunakan dan jangan mengabaikan kesehatanmu. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya untuk menambah pengetahuanmu.