Penjernihan Air Dari Air Keruh Dengan Menambahkan Tawas Merupakan Proses

Air keruh seringkali menyebabkan masalah bagi banyak orang. Air keruh dapat mengganggu kualitas hidup yang baik, terutama jika air tersebut digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci, atau memasak. Salah satu cara untuk membersihkan air keruh adalah dengan menambahkan tawas. Proses ini cukup mudah dan murah untuk dilakukan. Berikut ini adalah panduan lengkap untuk melakukan penjernihan air dari air keruh dengan menambahkan tawas.

Apa itu Tawas?

Tawas adalah senyawa kristal putih yang biasanya digunakan sebagai bahan kimia dalam pembuatan garam tawas. Tawas dikenal sebagai koagulan, yang berarti senyawa ini dapat menggumpalkan partikel-partikel kecil dalam air sehingga mudah diendapkan.

Bagaimana Tawas Bekerja?

Ketika tawas ditambahkan ke dalam air keruh, senyawa ini akan bereaksi dengan partikel-partikel dalam air dan membentuk flok. Flok ini akan menggumpalkan semua partikel kecil dalam air dan membuatnya lebih berat sehingga mudah diendapkan ke dasar wadah. Akibatnya, air akan menjadi jernih dan bersih untuk digunakan.

Langkah-Langkah Penjernihan Air dengan Tawas

1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Kamu akan membutuhkan tawas, air keruh, dan wadah yang bersih.2. Siapkan tawas dengan mencampurkannya dengan air. Campuran air dan tawas harus diaduk hingga tawas larut sepenuhnya.3. Tunggu hingga campuran mengendap selama 30-60 menit.4. Setelah mengendap, gunakan ember untuk memisahkan air yang telah dibersihkan dari campuran tawas. Pastikan untuk tidak mengambil bagian dasar wadah, karena itulah tempat di mana partikel-partikel kotoran berkumpul.5. Tuangkan air yang telah dibersihkan ke dalam wadah bersih.

FAQ

1. Apakah tawas aman untuk digunakan?

Ya, tawas aman untuk digunakan. Namun, pastikan kamu menggunakannya dengan benar dan dalam jumlah yang tepat sesuai dengan instruksi yang diberikan.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan air keruh dengan tawas?

Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan air keruh dengan tawas tergantung pada tingkat kekeruhan air tersebut. Namun, umumnya waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 30-60 menit.

3. Apakah tawas dapat digunakan untuk membersihkan air minum?

Tawas dapat digunakan untuk membersihkan air minum, namun pastikan untuk menggunakan tawas yang berkualitas dan dalam jumlah yang tepat.

Kesimpulan

Menjernihkan air dari air keruh dengan menambahkan tawas merupakan proses yang sederhana dan murah. Tawas dapat membantu menggumpalkan partikel-partikel kecil dalam air sehingga mudah diendapkan dan membuat air menjadi jernih dan bersih. Namun, pastikan untuk menggunakan tawas dengan benar dan sesuai dengan instruksi yang diberikan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk kamu.