Pemakaian Tawas Untuk Menjernihkan Air

Air adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun, masih banyak daerah di Indonesia yang mengalami kesulitan untuk menemukan air bersih. Air yang tidak bersih dapat membahayakan kesehatan dan menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk menjernihkan air, salah satunya adalah dengan menggunakan tawas.

Apa Itu Tawas?

Tawas atau alum adalah senyawa kimia yang terbuat dari aluminium sulfat dan kalium sulfat. Senyawa ini sering digunakan dalam pembuatan kosmetik, deodoran, dan juga untuk menjernihkan air. Tawas dapat mengendapkan kotoran dan partikel yang ada di dalam air sehingga air menjadi lebih jernih.

Bagaimana Cara Menggunakan Tawas?

Untuk menggunakan tawas, kamu hanya perlu menambahkan beberapa sendok ke dalam air yang akan dijernihkan. Tawas akan bereaksi dengan partikel-partikel yang ada di dalam air dan memungkinkan partikel tersebut mengendap dan membentuk lumpur. Setelah lumpur terbentuk, kamu dapat mengalirkan air yang jernih dari atas dan membuang lumpur di dasar wadah.

Apakah Tawas Aman Digunakan?

Tawas aman digunakan dalam jumlah yang tepat. Namun, jika kamu menggunakan terlalu banyak tawas, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan karena tawas mengandung aluminium yang dapat menumpuk di dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan tawas dengan jumlah yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Apakah Tawas Bisa Membersihkan Air dari Bakteri dan Virus?

Tawas tidak dapat membersihkan air dari bakteri dan virus. Untuk membersihkan air dari bakteri dan virus, kamu perlu menggunakan bahan kimia lain seperti kaporit atau menjerikan air dengan cara memasaknya.

Apakah Tawas Dapat Digunakan untuk Air Minum?

Tawas boleh digunakan untuk air minum, namun kamu harus memastikan bahwa air yang dijernihkan sudah bersih dari partikel dan kotoran. Sebaiknya gunakan metode lain untuk membersihkan air dari bakteri dan virus sebelum dikonsumsi.

Apakah Tawas Dapat Digunakan Secara Terus Menerus?

Tawas dapat digunakan secara terus menerus, namun kamu harus memastikan tidak menggunakan terlalu banyak tawas agar tidak membahayakan kesehatan. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa tawas yang digunakan benar-benar aman dan tidak mengandung zat berbahaya lainnya.

Bagaimana Cara Membuang Lumpur yang Terbentuk?

Lumpur yang terbentuk dapat dibuang dengan cara membiarkannya mengendap di dasar wadah. Setelah lumpur terbentuk, kamu dapat mengalirkan air jernih dari atas dan membuang lumpur di dasar wadah. Pastikan kamu tidak membuang lumpur ke sungai atau saluran air lainnya karena dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

Bagaimana Cara Memastikan Tawas yang Digunakan Aman?

Untuk memastikan tawas yang digunakan aman, kamu dapat memilih tawas yang telah bersertifikasi atau tawas yang dijual oleh toko yang telah terpercaya. Selain itu, pastikan kamu menggunakan tawas dengan jumlah yang tepat dan tidak menggunakan tawas yang sudah kadaluarsa.

Kesimpulan

Tawas dapat digunakan untuk menjernihkan air, namun tidak dapat membersihkan air dari bakteri dan virus. Pastikan kamu menggunakan tawas dengan jumlah yang tepat dan membuang lumpur yang terbentuk dengan benar. Selain itu, pastikan tawas yang digunakan aman dan tidak mengandung zat berbahaya lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini. Silakan baca artikel lainnya untuk informasi yang bermanfaat.