Menjernihkan Air Sumur Bor Tawas

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan air sumur bor tawas. Air yang diambil dari sumur bor ini cukup populer di Indonesia karena mudah didapat. Namun, sayangnya air sumur bor tawas seringkali tidak jernih dan bahkan berbau menyengat. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara menjernihkan air sumur bor tawas supaya kamu bisa mendapat air yang segar dan jernih di rumahmu.

Apa itu Air Sumur Bor Tawas?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menjernihkan air sumur bor tawas, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan air sumur bor tawas. Air sumur bor tawas adalah air yang diperoleh dari sumur bor dan dicampur dengan tawas sebagai bahan penyaring. Tawas sendiri adalah bahan kimia yang digunakan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri pada air.

Penyebab Air Sumur Bor Tawas Keruh

Air sumur bor tawas seringkali tidak jernih dan bahkan berbau karena beberapa faktor seperti:

1. Kadar Tawas yang Tinggi

Jika kadar tawas dalam air sumur bor terlalu tinggi, maka air akan terlihat keruh dan berwarna kuning kecoklatan.

2. Kotoran dan Lumpur di Dasar Sumur

Jika sumur bor tidak dirawat dengan baik, maka kotoran dan lumpur di dasar sumur bisa tercampur dengan air dan membuat air menjadi keruh atau bahkan berwarna hitam.

3. Bakteri dan Zat Kimia Berbahaya

Bakteri dan zat kimia berbahaya seperti logam berat juga dapat menyebabkan air sumur bor tawas menjadi keruh.

Cara Menjernihkan Air Sumur Bor Tawas

Nah, berikut ini cara sederhana untuk menjernihkan air sumur bor tawas:

1. Gunakan Tepung Kanji

Tepung kanji bisa digunakan untuk menjernihkan air sumur bor tawas yang keruh. Caranya, campurkan 1 sendok makan tepung kanji dengan air sumur bor lalu aduk hingga rata. Diamkan selama 1 jam, kemudian ambil air yang jernih di atas dan saring menggunakan kain bersih.

2. Gunakan Air Kapur Sirih

Air kapur sirih juga bisa digunakan untuk menjernihkan air sumur bor tawas. Caranya, campurkan 200 gram kapur sirih dengan 10 liter air sumur bor. Biarkan selama 1 hari, kemudian ambil air yang jernih di atas dan saring menggunakan kain bersih.

3. Gunakan Karbon Aktif

Karbon aktif bisa digunakan untuk menghilangkan bau dan warna kuning pada air sumur bor tawas. Caranya, masukkan karbon aktif ke dalam air sumur bor dan biarkan selama 24 jam. Kemudian, saring air menggunakan kain bersih.

FAQ

1. Apakah air sumur bor tawas aman dikonsumsi?

Air sumur bor tawas aman dikonsumsi jika telah diolah dengan baik dan tidak mengandung bakteri atau zat kimia berbahaya. Namun, sebaiknya air sumur bor tawas diuji terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

2. Berapa frekuensi perawatan yang diperlukan untuk sumur bor?

Idealnya, sumur bor perlu dirawat minimal satu kali dalam setahun untuk menjaga kualitas air yang dihasilkan.

3. Apa dampak buruk dari mengonsumsi air sumur bor tawas yang keruh atau berbau?

Mengonsumsi air sumur bor tawas yang keruh atau berbau bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti diare, muntah-muntah, atau bahkan keracunan.

Kesimpulan

Dengan menjernihkan air sumur bor tawas, kamu bisa mendapatkan air yang segar dan jernih di rumahmu. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjernihkan air sumur bor tawas seperti menggunakan tepung kanji, kapur sirih, atau karbon aktif. Sebaiknya, perawatan sumur bor dilakukan minimal satu kali dalam setahun agar kualitas air yang dihasilkan tetap terjaga. Yuk, jaga kesehatan kamu dengan mengonsumsi air sumur bor tawas yang sehat dan segar!Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silakan baca artikel lainnya di situs kami.