Membuat Laporan Percobaan Penjernihan Air

Kamu pernah berpikir mengenai kualitas air yang kamu gunakan sehari-hari? Apakah air tersebut sudah bersih dan layak digunakan? Untuk menjaga kualitas air, kamu bisa melakukan penjernihan air. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat laporan percobaan penjernihan air.

Pendahuluan

Air adalah sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Namun, saat ini kualitas air semakin menurun akibat polusi dan limbah industri. Oleh karena itu, penjernihan air sangat penting dilakukan untuk memastikan kebersihan dan kesehatan air yang akan digunakan. Pada percobaan penjernihan air ini, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat air yang terkontaminasi menjadi air yang bersih.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

– Air terkontaminasi- Arang aktif- Pasir- Tempat penampung air- Ember- Kain kasa

Langkah-langkah Percobaan

1. Siapkan air terkontaminasi dalam ember.2. Campurkan arang aktif dan pasir ke dalam ember.3. Aduk-aduk campuran tersebut dengan kain kasa hingga merata.4. Diamkan campuran selama 15 menit.5. Saring campuran menggunakan kain kasa untuk memisahkan air bersih dan kotoran.6. Hasil akhir adalah air yang telah berhasil dijernihkan.

Hasil Percobaan

Dari percobaan yang telah dilakukan, kita dapat menyimpulkan bahwa penjernihan air dapat dilakukan dengan mudah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Arang aktif dan pasir dapat membantu menghilangkan kotoran dan bau yang ada pada air terkontaminasi.

Diskusi

Dalam melakukan percobaan, kita juga dapat memperhatikan beberapa hal yang dapat mempengaruhi hasil jernihnya air, seperti jumlah arang aktif dan pasir yang digunakan, lama waktu pengadukan campuran, dan kualitas air terkontaminasi yang digunakan.

Kesimpulan

Penjernihan air sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan air yang akan digunakan. Dalam percobaan penjernihan air ini, kita dapat mempelajari bagaimana cara membuat air yang terkontaminasi menjadi air yang bersih menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

FAQ

Q: Apakah arang aktif dan pasir sangat diperlukan dalam penjernihan air?A: Ya, arang aktif dan pasir sangat membantu untuk menghilangkan kotoran dan bau pada air terkontaminasi.Q: Apakah proses penjernihan air mudah dilakukan?A: Ya, proses penjernihan air sangat mudah dilakukan dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat.Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya mengenai lingkungan dan kegiatan sehari-hari yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan.