Manfaat Tawas Dalam Penjernihan Air

Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Namun, apabila air tidak bersih, maka bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, diperlukan proses penjernihan air agar air tersebut aman dan layak untuk dikonsumsi. Salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam penjernihan air adalah tawas. Tahukah kamu bahwa tawas memiliki banyak manfaat dalam penjernihan air? Berikut ulasannya.

1. Membunuh Bakteri dan Mikroba

Tawas memiliki kandungan aluminum sulfat yang dapat membunuh bakteri dan mikroba yang ada di dalam air. Bakteri dan mikroba inilah yang sering menjadi penyebab air menjadi keruh dan tidak layak untuk dikonsumsi.

2. Mengendapkan Endapan pada Air

Tawas juga dapat mengendapkan endapan pada air yang membuat air menjadi keruh dan tidak bersih. Endapan yang dihasilkan pun dapat mudah dibuang sehingga air menjadi lebih jernih.

3. Meningkatkan Efektivitas Penjernihan

Tawas dapat meningkatkan efektivitas penjernihan air karena kandungan aluminum sulfatnya yang dapat mengikat partikel-partikel kecil yang tidak dapat disaring oleh filter.

4. Murah dan Mudah Didapatkan

Tawas sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Selain itu, tawas juga mudah digunakan dan tidak memerlukan peralatan khusus.

5. Ramah Lingkungan

Tawas merupakan bahan alami yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Jadi, penggunaan tawas dalam penjernihan air tidak akan menimbulkan dampak negatif pada lingkungan sekitar.

6. Meningkatkan Kesehatan

Dengan menggunakan air yang telah dijernihkan menggunakan tawas, maka kamu bisa menghindari berbagai penyakit yang disebabkan oleh air kotor dan tidak layak konsumsi.

7. Memperpanjang Umur Filter

Dengan menggunakan tawas sebagai bahan penjernih, maka filter yang digunakan pun akan lebih tahan lama karena tidak perlu bekerja terlalu keras dalam menyaring partikel-partikel kecil.

8. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia

Dengan menggunakan tawas sebagai bahan penjernih, maka penggunaan bahan kimia yang berbahaya dapat dihindari. Sehingga, lingkungan dan kesehatan manusia pun akan lebih terjaga.

FAQ

1. Apakah aman menggunakan tawas dalam penjernihan air?

Ya, tawas adalah bahan alami yang aman digunakan dalam penjernihan air.

2. Apakah tawas mudah didapatkan?

Ya, tawas sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau.

3. Apa saja manfaat tawas dalam penjernihan air?

Manfaat tawas dalam penjernihan air antara lain: membunuh bakteri dan mikroba, mengendapkan endapan pada air, meningkatkan efektivitas penjernihan, murah dan mudah didapatkan, ramah lingkungan, meningkatkan kesehatan, memperpanjang umur filter, dan mengurangi penggunaan bahan kimia.

Kesimpulan

Tawas merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat dalam penjernihan air. Selain efektif, penggunaan tawas juga sangat mudah dan ekonomis. Dengan menggunakan air yang telah dijernihkan menggunakan tawas, maka kamu tidak perlu khawatir akan berbagai penyakit yang disebabkan oleh air kotor dan tidak layak konsumsi. Selain itu, penggunaan tawas juga lebih ramah lingkungan dan bisa mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencoba menggunakan tawas sebagai bahan penjernih air di rumah. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silakan baca artikel lainnya untuk menambah wawasanmu.