Laporan Praktikum Penjernihan Air Sederhana

Air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan manusia, tetapi tidak semua air di sekitar kita bersih dan aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menjernihkan air agar dapat digunakan dengan aman dan sehat. Pada praktikum ini, kamu akan belajar tentang cara sederhana untuk menjernihkan air.

Peralatan yang Dibutuhkan

1. Botol plastik bekas2. Kerikil dan batu kecil3. Pasir halus4. Arang aktif5. Kain saring6. Air keran

Langkah-langkah Praktikum

1. Siapkan botol plastik bekas yang bersih dan kering.2. Masukkan kerikil dan batu kecil ke dalam botol plastik hingga setengah bagian botol terisi.3. Tambahkan pasir halus ke dalam botol hingga botol terisi 3/4 bagian.4. Masukkan arang aktif ke dalam botol hingga botol terisi hampir penuh.5. Tuangkan air keran ke dalam botol hingga hampir penuh.6. Tutup botol dan biarkan selama 1-2 jam agar air tersaring dan terjernihkan.7. Saring air yang telah dijernihkan dengan menggunakan kain saring.

Penjelasan Langkah-langkah Praktikum

1. Botol plastik bekas digunakan sebagai wadah penyaringan air karena mudah didapat dan murah.2. Kerikil dan batu kecil digunakan sebagai lapisan pertama penyaringan air untuk menangkap kotoran kasar seperti daun atau batang kecil.3. Pasir halus digunakan untuk menangkap kotoran lebih halus dan membantu membersihkan air dari partikel-partikel yang kecil.4. Arang aktif digunakan untuk menyerap bau dan rasa tidak sedap pada air, serta membunuh bakteri dan virus yang ada di dalam air.5. Air keran digunakan sebagai air mentah yang akan disaring.6. Waktu penjernihan selama 1-2 jam diperlukan agar air dapat tersaring dengan baik dan proses penjernihan dapat berlangsung dengan maksimal.7. Kain saring digunakan untuk menyaring air yang telah dijernihkan dan membuang endapan yang tersisa.

Hasil Praktikum

Setelah menjalankan praktikum ini, kamu akan mendapatkan air yang lebih jernih dan bersih untuk dikonsumsi. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya dapat digunakan untuk menjernihkan air yang tidak tercemar oleh bahan kimia atau zat-zat berbahaya lainnya.

FAQ

1. Apa yang terjadi jika saya tidak menggunakan arang aktif dalam penyaringan air?Jawaban: Air yang dihasilkan mungkin masih memiliki bau atau rasa tidak sedap, dan juga masih mengandung bakteri dan virus yang berbahaya bagi kesehatan.2. Apakah saya bisa menggunakan botol plastik bekas yang sudah pernah digunakan sebelumnya?Jawaban: Tidak disarankan. Botol plastik bekas yang sudah pernah digunakan sebelumnya mungkin memiliki kotoran atau bakteri yang sulit dihilangkan, sehingga dapat mempengaruhi hasil penyaringan air.3. Apakah metode ini dapat digunakan untuk menjernihkan air sungai atau danau?Jawaban: Tidak disarankan. Air sungai atau danau mungkin mengandung zat-zat berbahaya, seperti pestisida atau logam berat, yang sulit dihilangkan dengan metode sederhana seperti ini.

Kesimpulan

Menjernihkan air sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, seperti botol plastik bekas, kerikil, pasir, dan arang aktif. Metode ini dapat membantu menjernihkan air yang tidak tercemar oleh bahan kimia atau zat-zat berbahaya lainnya, sehingga air dapat dikonsumsi dengan aman dan sehat. Namun, perlu diingat bahwa metode ini tidak dapat digunakan untuk menjernihkan air sungai atau danau yang mungkin tercemar oleh zat-zat berbahaya. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya untuk menambah pengetahuanmu!