Langkah Langkah Membuat Penjernih Air Sederhana

Air adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun, tidak semua air yang ada di sekitar kita aman untuk diminum. Terkadang, air yang kita konsumsi terkontaminasi oleh berbagai zat berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki penjernih air di rumah. Meskipun demikian, penjernih air yang dijual di pasaran cenderung mahal. Jangan khawatir, kamu bisa membuat penjernih air sederhana sendiri di rumah dengan langkah-langkah berikut.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat penjernih air sendiri, kamu harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat yang harus disiapkan adalah ember, pasir halus, batu kerikil, arang aktif, dan kain saring. Bahan yang harus disiapkan adalah air bersih.

Langkah Pertama: Siapkan Ember

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan ember yang akan digunakan sebagai tempat penjernih air. Pastikan ember yang dipilih bersih dan dalam kondisi baik.

Langkah Kedua: Letakkan Batu Kerikil di Ember

Setelah ember disiapkan, langkah selanjutnya adalah meletakkan batu kerikil di dalam ember. Batu kerikil ini berfungsi untuk membuat lapisan dasar penjernih air.

Langkah Ketiga: Tambahkan Pasir Halus

Setelah batu kerikil diletakkan di dalam ember, langkah selanjutnya adalah menambahkan pasir halus. Pastikan pasir yang dipilih bersih dan halus.

Langkah Keempat: Tambahkan Arang Aktif

Setelah pasir halus, langkah selanjutnya adalah menambahkan arang aktif ke dalam ember. Arang aktif ini berfungsi untuk menyerap zat-zat berbahaya yang ada di dalam air.

Langkah Kelima: Letakkan Kain Saring

Setelah arang aktif diletakkan, langkah selanjutnya adalah meletakkan kain saring di atas lapisan arang aktif. Kain saring ini berfungsi untuk menahan partikel-partikel kecil yang tidak dapat ditahan oleh lapisan arang aktif.

Langkah Keenam: Tambahkan Air Bersih

Setelah semua lapisan penjernih air diletakkan, langkah selanjutnya adalah menambahkan air bersih ke dalam ember. Air akan melewati lapisan-lapisan penjernih air dan keluar dari ember dengan lebih bersih.

Langkah Ketujuh: Tunggu Waktu Penjernihan

Setelah air ditambahkan ke dalam ember, tunggu beberapa saat hingga air tersaring dan menjadi lebih jernih. Lama waktu penjernihan tergantung pada kualitas air yang digunakan.

FAQ

1. Apakah penjernih air sederhana efektif untuk menghilangkan zat berbahaya yang ada di air?
Ya, penjernih air sederhana efektif untuk menghilangkan sebagian besar zat berbahaya yang ada di dalam air.

2. Bagaimana cara membersihkan penjernih air?
Untuk membersihkan penjernih air, kamu hanya perlu mengeluarkan lapisan arang aktif dan kain saring, kemudian membersihkannya dengan air bersih.

3. Apakah penjernih air sederhana dapat digunakan untuk air minum?
Ya, penjernih air sederhana dapat digunakan untuk air minum. Namun, sebaiknya kamu memastikan kualitas air yang digunakan sebelum dimasukkan ke dalam penjernih air.

Kesimpulan

Membuat penjernih air sederhana sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa memiliki penjernih air sederhana yang efektif dan murah. Selain itu, kamu juga akan lebih memahami bagaimana air bisa dijernihkan dan menjadi lebih aman untuk dikonsumsi.