Langkah Langkah Membuat Alat Penjernih Air

Kamu pasti sudah tahu betapa pentingnya air untuk kehidupan kita. Namun, tidak selamanya air yang kita gunakan sudah bersih dan aman untuk diminum. Oleh karena itu, penting untuk memiliki alat penjernih air di rumah. Kamu dapat membuat alat penjernih air sendiri dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Persiapan Alat dan Bahan

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang diperlukan.

  • Botol plastik ukuran 2 liter
  • Kain perca atau kapas
  • Pasir kasar
  • Karbon aktif (bisa dibeli di toko-toko kimia atau online)
  • Gunting

Membuat Lapisan Pertama

Lapisan pertama yang akan dibuat adalah lapisan pasir kasar. Hal ini bertujuan untuk menyaring kotoran yang berukuran besar. Caranya adalah dengan memotong bagian bawah botol plastik dan memasukkan pasir kasar ke dalam botol hingga setinggi 5 cm. Kemudian, ratakan pasir kasar agar tidak ada sela-sela yang kosong.

Membuat Lapisan Kedua

Setelah lapisan pasir kasar, langkah selanjutnya adalah membuat lapisan karbon aktif. Lapisan karbon aktif berfungsi untuk menyaring bahan-bahan kimia dan bau pada air. Caranya adalah dengan menambahkan lapisan karbon aktif setebal 5 cm di atas lapisan pasir kasar yang telah dibuat.

Membuat Lapisan Ketiga

Lapisan ketiga adalah lapisan kain perca atau kapas. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran yang lebih halus. Caranya adalah dengan menambahkan lapisan kain perca atau kapas setebal 1 cm di atas lapisan karbon aktif.

Membuat Penutup

Setelah ketiga lapisan selesai, kamu perlu menutup botol plastik tersebut. Caranya adalah dengan memotong bagian atas botol dan memasukkan kain perca atau kapas lagi di atas lapisan terakhir. Kemudian, rapatkan kain perca atau kapas tersebut dan tutup botol dengan tutup plastik.

Memfilter Air

Alat penjernih air yang kamu buat sudah siap digunakan. Caranya adalah dengan menuangkan air yang akan difilter ke dalam botol tersebut dan biarkan air mengalir melalui ketiga lapisan yang telah dibuat. Air yang keluar akan menjadi lebih bersih dan aman untuk diminum.

Merawat Alat Penjernih Air

Agar alat penjernih air yang kamu buat tetap berfungsi dengan maksimal, kamu perlu membersihkan setiap lapisan setiap dua minggu sekali. Caranya adalah dengan membuka botol plastik dan membersihkan setiap lapisan dengan sabun dan air. Setelah itu, pasang kembali botol tersebut.

FAQ

1. Apa manfaat dari membuat alat penjernih air sendiri?

Membuat alat penjernih air sendiri memiliki beberapa manfaat, yaitu hemat biaya, ramah lingkungan, dan dapat dijadikan sebagai aktivitas DIY yang menarik.

2. Apakah alat penjernih air yang dibuat sendiri bisa menggantikan alat penjernih air yang dibeli di toko?

Alat penjernih air yang dibuat sendiri dapat menjadi alternatif bagi mereka yang ingin hemat biaya. Namun, alat penjernih air yang dibeli di toko memiliki teknologi yang lebih canggih dan efektif dalam menyaring air.

3. Apakah alat penjernih air yang dibuat sendiri bisa digunakan untuk menyaring air laut?

Tidak, alat penjernih air yang dibuat sendiri tidak dapat digunakan untuk menyaring air laut karena memiliki kandungan garam yang tinggi.