Jelaskan Tujuan Tujuan Penjernihan Air

Pembukaan:Air bersih adalah sumber daya penting dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi. Namun, tidak semua air di dunia ini bersih dan sehat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, proses penjernihan air sangat penting untuk dilakukan guna menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat serta lingkungan. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui tujuan-tujuan dari penjernihan air.

Menghilangkan Kandungan Bakteri dan Virus

Tujuan utama dari penjernihan air adalah menghilangkan kandungan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Bakteri dan virus dapat masuk ke dalam air melalui limbah dan sisa-sisa kotoran manusia dan hewan yang terbuang ke dalam sungai atau danau. Dengan menghilangkan kandungan bakteri dan virus tersebut, air dapat menjadi lebih bersih dan sehat untuk dikonsumsi.

Menghilangkan Kandungan Bahan Kimia Berbahaya

Selain bakteri dan virus, air juga dapat terkontaminasi oleh bahan kimia berbahaya seperti pestisida, logam berat dan bahan kimia lainnya. Bahan kimia tersebut dapat membahayakan kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, penjernihan air juga bertujuan untuk menghilangkan kandungan bahan kimia berbahaya dalam air.

Meningkatkan Rasa dan Bau Air

Air yang tidak dijernihkan dapat menimbulkan bau dan rasa yang tidak sedap. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan organik dalam air yang tidak diolah dengan baik. Dalam proses penjernihan air, kandungan organik dalam air dihilangkan sehingga air menjadi lebih jernih dan tidak berbau.

Mengurangi Dampak Lingkungan

Sampah dan limbah yang terbuang ke dalam sungai atau danau dapat merusak lingkungan hidup. Penjernihan air dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dengan menghilangkan kandungan limbah dan sisa-sisa organik yang dapat merusak lingkungan.

Meningkatkan Kualitas Air untuk Industri

Industri membutuhkan air yang bersih dan sehat untuk memproduksi barang dan jasa. Dengan penjernihan air, kualitas air dapat ditingkatkan dan diolah sesuai dengan kebutuhan industri. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan produksi industri.

Meningkatkan Kualitas Air untuk Pertanian

Pertanian membutuhkan air yang bersih dan sehat untuk mengairi tanaman. Penjernihan air dapat membantu meningkatkan kualitas air untuk pertanian sehingga dapat menghasilkan hasil panen yang lebih baik dan sehat.

Meningkatkan Kualitas Air untuk Pariwisata

Air yang bersih dan jernih sangat penting dalam industri pariwisata. Dengan penjernihan air, kualitas air dapat ditingkatkan sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam yang tersedia.

Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Penjernihan air juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Dengan air yang bersih dan sehat, masyarakat dapat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh air yang terkontaminasi.

Kesimpulan

Penjernihan air memiliki tujuan yang sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta masyarakat. Dalam proses penjernihan air, kandungan bakteri, virus, bahan kimia berbahaya, organik, serta limbah dan sampah dihilangkan dari air. Dengan penjernihan air, kualitas air dapat ditingkatkan sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti industri, pertanian, dan pariwisata. Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel lainnya yang dapat menambah wawasan kamu tentang lingkungan dan kebersihan.