Jelaskan Proses Air Bersih Pada Alat Penjernih Air Secara Alami

Kamu pasti tahu bahwa kita membutuhkan air untuk kegiatan sehari-hari, mulai dari mandi, mencuci, hingga untuk diminum. Namun, sayangnya air yang tersedia di alam tidak selalu bersih dan aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, alat penjernih air secara alami banyak digunakan untuk menghasilkan air bersih dan aman untuk dikonsumsi. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang proses air bersih pada alat penjernih air secara alami.

Jenis-jenis Alat Penjernih Air Secara Alami

Sebelum kita membahas tentang proses air bersih pada alat penjernih air secara alami, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis alat penjernih air secara alami yang biasa digunakan. Jenis-jenis alat tersebut antara lain:

Tanaman Air

Tanaman air seperti eceng gondok, kangkung, dan kayambang sangat efektif untuk memurnikan air. Air yang terkontaminasi akan melewati perakaran tanaman air dan akar akan menyerap zat-zat berbahaya yang ada di dalam air.

Batu Kerikil

Batu kerikil berfungsi untuk menyaring kotoran kasar dalam air. Biasanya, batu kerikil digunakan sebagai lapisan pertama dalam sistem alat penjernih air secara alami.

Pasir

Pasir adalah media penyaring kedua pada alat penjernih air secara alami. Pasir berfungsi untuk menyaring partikel berukuran kecil yang tidak bisa disaring oleh batu kerikil.

Batuan Vulkanik

Batuan vulkanik seperti zeolit dan batu apung sangat efektif untuk menyerap logam berat yang tersisa dalam air.

Proses Air Bersih pada Alat Penjernih Air Secara Alami

Setelah kita mengetahui jenis-jenis alat penjernih air secara alami yang biasa digunakan, sekarang kita akan membahas tentang proses air bersih pada alat penjernih air secara alami. Proses air bersih pada alat penjernih air secara alami terdiri dari beberapa tahapan, antara lain:

Tahap Pertama: Pengendapan

Air yang ingin dijernihkan akan dimasukkan ke dalam bak penampung dan dibiarkan selama beberapa saat hingga partikel berat dalam air mengendap di dasar bak.

Tahap Kedua: Pembersihan Kotoran Kasar dengan Batu Kerikil

Setelah proses pengendapan, air yang telah mengendap akan dialirkan ke dalam bak berikutnya yang berisi batu kerikil. Batu kerikil berfungsi untuk menyaring kotoran kasar dalam air.

Tahap Ketiga: Penyaringan dengan Pasir

Setelah air melewati batu kerikil, air akan dialirkan ke dalam bak berikutnya yang berisi pasir. Pasir berfungsi untuk menyaring partikel berukuran kecil yang tidak bisa disaring oleh batu kerikil.

Tahap Keempat: Penyaringan dengan Batuan Vulkanik

Setelah melewati pasir, air akan dialirkan ke dalam bak berikutnya yang berisi batuan vulkanik seperti zeolit dan batu apung. Batuan vulkanik sangat efektif untuk menyerap logam berat yang tersisa dalam air.

Tahap Kelima: Penyaringan dengan Tanaman Air

Setelah melewati batuan vulkanik, air akan dialirkan ke dalam bak terakhir yang berisi tanaman air seperti eceng gondok, kangkung, dan kayambang. Tanaman air akan menyerap zat-zat berbahaya yang ada di dalam air.

FAQ

1. Apa yang menjadi penyebab air tidak bersih?

Air tidak bersih disebabkan oleh banyak faktor, seperti pencemaran air oleh limbah industri, limbah rumah tangga, dan limbah pertanian.

2. Apakah alat penjernih air secara alami lebih baik daripada alat penjernih air modern?

Kedua alat penjernih air memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, alat penjernih air secara alami lebih ramah lingkungan dan lebih murah daripada alat penjernih air modern.

3. Apakah air yang dihasilkan dari alat penjernih air secara alami aman untuk dikonsumsi?

Air yang dihasilkan dari alat penjernih air secara alami aman untuk dikonsumsi, namun masih perlu diuji kandungan bakterinya sebelum dikonsumsi.

4. Apakah alat penjernih air secara alami sulit untuk dirawat?

Alat penjernih air secara alami relatif mudah untuk dirawat. Hanya perlu membersihkan dan membuang kotoran yang ada dalam alat secara rutin untuk menjaga kebersihan dan keefektifannya.

5. Apa kelebihan alat penjernih air secara alami dibandingkan dengan air mineral yang biasa dijual di pasaran?

Kelebihan alat penjernih air secara alami adalah dapat menghasilkan air yang lebih aman, bersih, dan murah dibandingkan dengan air mineral yang biasa dijual di pasaran.

Kesimpulan

Itulah tahapan proses air bersih pada alat penjernih air secara alami. Dengan menggunakan alat penjernih air secara alami, kita dapat menghasilkan air bersih dan aman untuk dikonsumsi dengan lebih murah dan ramah lingkungan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat alat penjernih air secara alami di rumah. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.