Hidung Keluar Air Jernih Saat Flu

Pernahkan kamu mengalami flu dan hidungmu mengeluarkan air jernih yang cukup banyak? Tentu hal ini sangat menjengkelkan, apalagi jika harus beraktivitas di luar rumah. Tapi tahukah kamu, sebenarnya air yang keluar dari hidungmu tersebut memiliki fungsi penting dalam tubuhmu. Yuk, simak penjelasannya!

Apa itu Air Hidung?

Air hidung atau cairan transudat adalah cairan yang keluar dari membran lendir hidung dan sinus ketika seseorang mengalami infeksi atau iritasi. Cairan ini berbeda dengan lendir yang biasanya keluar saat kita batuk atau bersin. Air hidung tidak tercampur dengan lendir atau nanah, sehingga memiliki warna yang jernih.

Penyebab Air Hidung Keluar Saat Flu

Air hidung keluar saat flu disebabkan oleh peradangan pada membran lendir hidung dan sinus. Ketika virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan melepaskan histamin. Histamin ini akan memicu pembuluh darah di hidung melebar sehingga menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada membran lendir.Selain itu, virus atau bakteri juga akan merusak sel-sel dalam membran lendir hidung dan sinus, sehingga membuat cairan transudat keluar dari sel-sel tersebut.

Manfaat Air Hidung

Meskipun terkadang mengganggu, air hidung memiliki manfaat penting dalam tubuhmu. Air hidung membantu membersihkan dan melembabkan hidung. Cairan transudat ini mengandung enzim lisozim yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus yang masuk ke dalam hidung.Selain itu, air hidung juga membantu menjaga suhu dan kelembaban di dalam hidung. Ketika terjadi peradangan pada membran lendir hidung, tubuh akan memproduksi cairan transudat untuk membantu mengurangi peradangan dan menjaga kelembaban di dalam hidung.

Cara Mengatasi Air Hidung Saat Flu

Untuk mengatasi air hidung saat flu, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:1. Gunakan tisu atau sapu tanggan untuk menahan air hidung yang keluar.2. Minum banyak air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu membuang virus atau bakteri dari tubuh.3. Hindari makanan yang pedas atau bersuhu panas, karena bisa memperparah peradangan di hidung.4. Istirahat yang cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Q: Apakah air hidung selalu muncul saat flu?
A: Tidak selalu. Ada beberapa orang yang mengalami flu namun tidak mengeluarkan air hidung.Q: Apa bedanya air hidung dengan lendir?
A: Air hidung tidak tercampur dengan lendir atau nanah, sehingga memiliki warna yang jernih.Q: Apa yang harus dilakukan jika air hidung keluar terus-menerus?
A: Jika air hidung keluar terus-menerus dan tidak kunjung reda, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter.

Kesimpulan

Air hidung yang keluar saat flu memang menjengkelkan, namun sebenarnya memiliki manfaat penting bagi tubuh kita. Cairan transudat ini membantu membersihkan dan melembabkan hidung serta membunuh bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mengatasi air hidung saat flu, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti menahan air hidung dengan tisu atau sapu tanggan, minum banyak air putih, dan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jika air hidung keluar terus-menerus atau tidak kunjung reda.Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang menarik di website kami!