Gambar Alat Penjernih Air Sederhana

Air adalah sumber kehidupan yang paling penting bagi manusia, namun tidak semua air bisa langsung dikonsumsi. Air yang ada di alam bebas terkadang mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, kita memerlukan alat penjernih air untuk memastikan bahwa air yang kita konsumsi aman untuk dikonsumsi. Sayangnya, tidak semua orang memiliki akses ke alat penjernih air yang mahal. Untungnya, ada cara sederhana untuk membuat alat penjernih air sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Bahan-Bahan

Untuk membuat alat penjernih air sederhana, kamu membutuhkan beberapa bahan berikut:- Botol plastik bekas- Pasir halus- Kerikil atau batu kecil- Aktif karbon- Kain kasa atau kapas- Gunting- Selotip

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat alat penjernih air sederhana:1. Cuci bersih botol plastik bekas yang akan kamu gunakan.2. Potong botol menjadi dua bagian menggunakan gunting.3. Isi bagian bawah botol dengan lapisan kerikil atau batu kecil hingga setinggi 1/4 bagian bawah botol.4. Tambahkan lapisan pasir di atas kerikil hingga setinggi 1/2 bagian bawah botol.5. Letakkan lapisan aktif karbon di atas pasir hingga setinggi 3/4 bagian bawah botol.6. Tutup lapisan aktif karbon dengan kain kasa atau kapas.7. Letakkan bagian atas botol yang sudah dipotong kebalik di atas bagian bawah botol yang sudah diisi dengan lapisan kerikil, pasir, aktif karbon, dan kain kasa.8. Gunakan selotip untuk menyatukan kedua bagian botol.

Cara Menggunakan

Setelah alat penjernih air sederhana selesai dibuat, kamu bisa langsung menggunakannya untuk memurnikan air. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menuangkan air yang ingin kamu jernihkan ke bagian atas botol yang sudah terpasang kain kasa atau kapas. Air akan melewati lapisan kerikil, pasir, aktif karbon, dan kain kasa atau kapas di dalam botol, dan keluar menjadi lebih jernih di bagian bawah botol.

Kelebihan

Membuat alat penjernih air sederhana memiliki beberapa kelebihan, yaitu:- Bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan dan murah.- Mudah dibuat, bahkan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan khusus dalam teknologi.- Dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

Kerugian

Namun, ada beberapa kerugian yang perlu diperhatikan saat menggunakan alat penjernih air sederhana, yaitu:- Tidak bisa menghilangkan semua zat berbahaya dalam air.- Hasil penjernihan tidak sebaik alat penjernih air yang lebih mahal.

FAQ

Q: Apa yang harus saya lakukan jika air yang sudah saya jernihkan masih terlihat keruh?
A: Coba lewatkan lagi air tersebut melewati lapisan pasir dan aktif karbon. Jika masih belum jernih, kamu mungkin perlu menggunakan alat penjernih air yang lebih canggih.Q: Berapa lama saya bisa menggunakan alat penjernih air sederhana ini?
A: Kamu bisa menggunakan alat penjernih air ini selama bahan-bahan di dalamnya masih bersih dan tidak terkontaminasi.Q: Apakah alat penjernih air sederhana dapat menghilangkan bau dari air?
A: Ya, lapisan aktif karbon di dalam alat penjernih air sederhana dapat menghilangkan bau dari air.

Kesimpulan

Membuat alat penjernih air sederhana dapat menjadi solusi untuk memastikan bahwa air yang kamu konsumsi aman dan sehat. Meskipun tidak sebaik alat penjernih air yang lebih mahal, alat penjernih air sederhana tetap efektif dalam menghilangkan sebagian besar zat berbahaya dalam air. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang sederhana, kamu bisa membuat alat penjernih air sederhana sendiri di rumah. Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan selamat mencoba membuat alat penjernih air sederhana!