Fungsi Tawas Dalam Proses Penjernihan Air Adalah

Penjernihan air adalah proses menghilangkan kotoran dan kontaminan dari air sehingga aman untuk digunakan. Salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam proses ini adalah tawas. Tawas memiliki berbagai fungsi penting dalam proses penjernihan air. Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang fungsi tawas dalam proses penjernihan air.

1. Menjernihkan air

Fungsi utama tawas dalam proses penjernihan air adalah untuk menjernihkan air. Tawas bekerja dengan cara membentuk flok (partikel-partikel kecil) yang menyatu dengan kotoran dan kontaminan dalam air. Kemudian flok yang terbentuk akan mengendap dan dapat dengan mudah dihilangkan dari air.

2. Meningkatkan pH air

Tawas juga berfungsi untuk meningkatkan pH air. Air yang memiliki pH yang rendah cenderung asam dan dapat merusak pipa dan peralatan rumah tangga. Dengan menggunakan tawas, pH air dapat ditingkatkan menjadi netral atau sedikit basa sehingga lebih aman digunakan.

3. Menghilangkan bau dan rasa

Air yang tidak dijernihkan dengan baik seringkali memiliki bau dan rasa yang tidak sedap. Tawas dapat membantu menghilangkan bau dan rasa tersebut sehingga air menjadi lebih segar dan enak dikonsumsi.

4. Mencegah pertumbuhan alga dan bakteri

Alga dan bakteri dapat tumbuh dengan cepat di dalam air yang tidak dijernihkan dengan baik. Tawas dapat mencegah pertumbuhan alga dan bakteri tersebut sehingga air tetap bersih dan sehat.

5. Menjaga kebersihan peralatan rumah tangga

Air yang tidak dijernihkan dengan baik seringkali mengandung mineral dan endapan yang dapat merusak peralatan rumah tangga seperti mesin cuci dan pemanas air. Dengan menggunakan tawas, mineral dan endapan tersebut dapat dihilangkan sehingga peralatan rumah tangga menjadi lebih awet dan mudah dirawat.

6. Ramah lingkungan

Tawas merupakan bahan alami yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Penggunaan tawas dalam proses penjernihan air lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan bahan kimia sintetis yang dapat mencemari lingkungan.

7. Ekonomis

Tawas sangat ekonomis dan mudah ditemukan di toko-toko kelontong atau pasar tradisional. Dengan menggunakan tawas, biaya untuk menjernihkan air menjadi lebih murah dan terjangkau.

8. Mudah digunakan

Tawas sangat mudah digunakan dalam proses penjernihan air. Cukup dengan menambahkan beberapa sendok tawas ke dalam air dan diamkan beberapa saat hingga flok terbentuk dan mengendap. Kemudian air dapat diambil dari bagian atas tanpa membawa kotoran dan kontaminan yang terendap di bagian bawah.

FAQ

1. Apakah tawas berbahaya bagi kesehatan manusia?
Tawas aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Tawas bahkan sering digunakan dalam obat-obatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.2. Berapa jumlah tawas yang harus ditambahkan ke dalam air?
Jumlah tawas yang harus ditambahkan ke dalam air tergantung pada jumlah air yang akan dijernihkan dan tingkat kekotorannya. Sebagai patokan, tambahkan 2-3 sendok tawas per 10 liter air.3. Apakah tawas efektif untuk menjernihkan air yang sangat kotor?
Tawas cukup efektif untuk menjernihkan air yang cukup kotor. Namun, untuk air yang sangat kotor seperti air sungai yang tercemar, tawas mungkin tidak cukup efektif dan perlu digunakan metode penjernihan air lainnya.4. Apakah tawas dapat digunakan untuk menjernihkan air minum?
Tawas dapat digunakan untuk menjernihkan air minum namun harus diikuti dengan proses penyaringan dan pengolahan air secara lebih lanjut untuk memastikan keamanannya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang penjernihan air, kamu dapat membaca artikel lainnya di website kami.