Fungsi Tawas Dalam Proses Penjernihan Air

Dalam kehidupan sehari-hari, air bersih sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan setiap orang. Namun, di beberapa daerah air yang ada bisa mengandung kotoran dan bakteri berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, proses penjernihan air sangat penting dilakukan sebelum air digunakan. Salah satu bahan yang digunakan dalam proses penjernihan air adalah tawas.

Apa itu Tawas?

Tawas atau aluminium sulfat adalah senyawa kimia yang umumnya digunakan sebagai koagulan dalam proses penjernihan air. Tawas biasanya berbentuk bubuk kristal putih atau abu-abu, tidak berbau, dan mudah larut dalam air. Tawas juga dapat digunakan sebagai bahan pengendap dalam industri pulp dan kertas.

Bagaimana Tawas Bekerja Dalam Proses Penjernihan Air?

Tawas berfungsi untuk membantu mengurangi kandungan kotoran dan bakteri dalam air dengan cara mengendapkan partikel-partikel tersebut. Ketika tawas ditambahkan ke dalam air, tawas membentuk flok-flok yang akan menyerap kotoran dan bakteri dalam air. Kemudian, flok-flok tersebut akan mengendap ke dasar wadah dan air dapat disaring dengan lebih mudah.

Proses Penjernihan Air Menggunakan Tawas

Proses penjernihan air menggunakan tawas terdiri dari beberapa tahap, yaitu:1. Penambahan tawas ke dalam air yang akan dijernihkan.2. Proses pengadukan air dan tawas hingga tawas larut dan membentuk flok-flok.3. Pengendapan flok-flok tawas di dasar wadah selama kurang lebih 1-2 jam.4. Penyaringan air yang sudah mengendap menggunakan saringan kain atau pasir.5. Air siap digunakan.

Kelebihan Menggunakan Tawas Dalam Proses Penjernihan Air

Menggunakan tawas dalam proses penjernihan air memiliki beberapa kelebihan, yaitu:1. Biaya yang terjangkau2. Mudah ditemukan di pasaran3. Tidak berbahaya bagi kesehatan4. Tawas dapat digunakan untuk air dengan kandungan kotoran yang berbeda-beda

Kerugian Menggunakan Tawas Dalam Proses Penjernihan Air

Menggunakan tawas dalam proses penjernihan air juga memiliki beberapa kerugian, yaitu:1. Tawas dapat merusak pipa air jika terlalu sering digunakan2. Penggunaan tawas yang berlebihan dapat menyebabkan air terasa pahit dan berbau tidak sedap3. Tawas tidak dapat menghilangkan semua kandungan kotoran dalam air

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang terjadi jika tawas digunakan dalam jumlah yang berlebihan?Jika tawas digunakan dalam jumlah yang berlebihan, air yang dihasilkan dapat terasa pahit dan berbau tidak sedap.2. Apakah tawas berbahaya bagi kesehatan?Tawas tidak berbahaya bagi kesehatan jika digunakan dalam jumlah yang sesuai.3. Apakah tawas hanya digunakan dalam proses penjernihan air?Tawas juga dapat digunakan sebagai bahan pengendap dalam industri pulp dan kertas.

Kesimpulan

Tawas memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses penjernihan air. Penggunaan tawas dalam jumlah yang tepat dapat membantu mengurangi kandungan kotoran dan bakteri dalam air dengan lebih efektif. Meskipun demikian, penggunaan tawas juga memiliki beberapa kerugian, sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati dan proporsional. Terima kasih telah membaca artikel ini. Silakan baca artikel lainnya untuk informasi yang lebih bermanfaat.