Fungsi Tawas Dalam Penjernihan Air Adalah Sebagai

Penjernihan air merupakan salah satu proses penting yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas air yang dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu bahan yang sering digunakan dalam proses penjernihan air adalah tawas. Tawas memiliki banyak fungsi dalam penjernihan air yang sangat dibutuhkan untuk menghasilkan air yang bersih dan sehat.

1. Mengendapkan Partikel yang Tidak Diinginkan

Salah satu fungsi utama tawas dalam penjernihan air adalah sebagai pengendap partikel yang tidak diinginkan. Tawas bekerja dengan cara mengikat partikel-partikel tersebut dan mengendapkannya ke dasar wadah. Partikel yang diendapkan ini bisa berupa lumpur atau zat kimia yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh manusia.

2. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Tawas juga memiliki fungsi untuk menghilangkan bau tak sedap pada air. Banyak air yang memiliki bau tak sedap karena sumber airnya terkontaminasi oleh bahan kimia atau zat organik tertentu. Dengan menggunakan tawas, bau tak sedap tersebut bisa dihilangkan sehingga air menjadi lebih segar dan enak untuk dikonsumsi.

3. Menjaga Kadar PH Air

Kadar PH air yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tawas memiliki kemampuan untuk menjaga kadar PH air sehingga air yang dihasilkan menjadi lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

4. Mencegah Pertumbuhan Bakteri dan Virus

Bakteri dan virus adalah mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Tawas memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan virus pada air yang dijernihkan. Hal ini membuat air menjadi lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh manusia.

5. Menjernihkan Air dari Warna yang Tidak Diinginkan

Warna pada air dapat menjadi tanda bahwa air tersebut tidak layak dikonsumsi oleh manusia. Tawas bekerja dengan cara mengikat pigmen yang menyebabkan warna pada air dan mengendapkannya ke dasar wadah. Dengan begitu, air yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan bersih.

6. Menjaga Kualitas Air dalam Jangka Waktu yang Lama

Tawas memiliki kemampuan untuk menjaga kualitas air dalam jangka waktu yang lama. Dalam arti lain, air yang dijernihkan dengan menggunakan tawas dapat bertahan lebih lama daripada air yang dijernihkan dengan bahan lain.

7. Mudah Didapatkan dan Murah

Salah satu keuntungan menggunakan tawas sebagai bahan penjernih air adalah karena mudah didapatkan dan murah. Tawas bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko kimia atau toko bahan bangunan dengan harga yang terjangkau.

8. Tidak Berdampak Negatif pada Lingkungan

Tawas merupakan bahan yang tidak memiliki dampak negatif pada lingkungan. Hal ini membuat penggunaan tawas sebagai bahan penjernih air lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan-bahan kimia lainnya yang dapat merusak lingkungan.

Kesimpulan

Tawas merupakan bahan yang sangat penting dalam proses penjernihan air. Fungsi tawas dalam penjernihan air sangatlah beragam mulai dari mengendapkan partikel yang tidak diinginkan hingga menjaga kualitas air dalam jangka waktu yang lama. Dalam arti lain, tawas menjadi solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan air bersih dan sehat dengan biaya yang terjangkau serta ramah lingkungan.

FAQ

1. Apakah tawas bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada air kamar mandi?

Tawas bisa dijadikan sebagai solusi untuk menghilangkan bau tak sedap pada air kamar mandi, namun penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dosis yang dianjurkan.

2. Apa yang harus dilakukan jika air yang dijernihkan dengan tawas masih berwarna keruh?

Jika air yang dijernihkan dengan tawas masih berwarna keruh, maka sebaiknya air tersebut diendapkan kembali dengan menambahkan tawas secara berkala hingga air menjadi lebih jernih.

3. Apakah penggunaan tawas aman untuk dikonsumsi oleh manusia?

Penggunaan tawas dalam penjernihan air adalah hal yang aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Namun, penggunaannya harus dilakukan dengan dosis yang tepat dan tidak berlebihan.