Fungsi Tawas Dalam Penjernihan Air Adalah

Tawas, atau alum, adalah senyawa kimia yang sering digunakan dalam pengolahan air untuk menghilangkan kotoran dan partikel lainnya. Tawas telah digunakan selama berabad-abad untuk menjernihkan air, dan masih digunakan hingga saat ini. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui lebih lanjut tentang fungsi tawas dalam penjernihan air.

Apa itu Tawas?

Tawas adalah senyawa kimia yang terdiri dari kalium alum dan aluminium sulfat. Senyawa ini biasanya ditemukan dalam bentuk kristal putih transparan yang mudah larut dalam air. Tawas digunakan untuk berbagai tujuan, seperti dalam industri kosmetik, farmasi, dan industri makanan. Namun, salah satu penggunaan terbesar tawas adalah dalam pengolahan air.

Bagaimana Tawas Bekerja dalam Penjernihan Air?

Tawas digunakan dalam penjernihan air untuk menghilangkan partikel dan kotoran dari air. Tawas bekerja dengan cara membentuk flok-flok partikel di dalam air, yang kemudian akan turun ke dasar wadah atau kolam penampung air. Flok-flok partikel ini terbentuk karena tawas menarik partikel-partikel dalam air, dan membentuk gumpalan-gumpalan yang lebih besar sehingga mudah dihilangkan.

Keuntungan Menggunakan Tawas dalam Penjernihan Air

Tawas memiliki beberapa keuntungan dalam pengolahan air, seperti:

  • Menjernihkan air secara efektif
  • Menghilangkan partikel dan kotoran yang sulit dihilangkan menggunakan metode lain
  • Mudah didapatkan dan relatif murah
  • Aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia

Cara Menggunakan Tawas dalam Penjernihan Air

Tawas dapat digunakan dalam pengolahan air dengan cara sebagai berikut:

  • Tambahkan tawas ke dalam air yang akan diolah
  • Aduk hingga tawas tercampur secara merata di dalam air
  • Diamkan selama beberapa saat hingga flok-flok partikel terbentuk
  • Gunakan alat penampung khusus untuk mengambil flok-flok partikel yang terbentuk di dasar wadah atau kolam penampung air
  • Jernihkan air hasil pengolahan dengan metode penyaringan atau filtrasi

FAQ

1. Apa bedanya antara tawas dan kaporit dalam pengolahan air?

Tawas dan kaporit keduanya digunakan dalam pengolahan air, namun dengan tujuan yang berbeda. Tawas digunakan untuk menghilangkan partikel dan kotoran dari air, sedangkan kaporit digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri dalam air.

2. Apakah tawas aman digunakan dalam pengolahan air minum?

Tawas aman digunakan dalam pengolahan air minum karena tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun, perlu diingat untuk menggunakan tawas dengan dosis yang tepat dan menghilangkan flok-flok partikel yang terbentuk dengan baik.

3. Apakah tawas ramah lingkungan?

Tawas dianggap sebagai senyawa kimia yang relatif ramah lingkungan, karena mudah terurai dan tidak meninggalkan residu yang berbahaya.

Kesimpulan

Tawas adalah senyawa kimia yang efektif dalam menghilangkan partikel dan kotoran dari air. Penggunaan tawas dalam pengolahan air memiliki beberapa keuntungan, seperti efektif, mudah didapatkan, dan aman bagi kesehatan manusia. Namun, perlu diingat untuk menggunakan tawas dengan dosis yang tepat dan membuang flok-flok partikel yang terbentuk dengan baik. Terima kasih telah membaca artikel ini!