Fungsi Klorin Dalam Penjernihan Air

Air bersih dan sehat adalah hak setiap individu. Namun, tidak semua air yang tersedia di alam dapat langsung dikonsumsi oleh manusia. Air yang tercemar dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan proses penjernihan air sebelum dikonsumsi oleh manusia. Salah satu bahan kimia yang digunakan dalam proses penjernihan air adalah klorin.

Apa itu Klorin?

Klorin adalah sebuah elemen kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Cl. Bahan kimia ini dapat ditemukan dalam bentuk gas atau cairan. Klorin digunakan dalam berbagai industri seperti industri farmasi, industri makanan, dan juga dalam proses penjernihan air.

Bagaimana Fungsi Klorin Dalam Penjernihan Air?

Klorin digunakan dalam proses penjernihan air untuk membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan penyakit. Klorin juga dapat mengoksidasi senyawa organik yang terdapat dalam air dan mengurangi bau dan rasa yang tidak sedap.

Proses Penjernihan Air dengan Klorin

Proses penjernihan air dengan klorin dilakukan dengan cara memasukkan klorin ke dalam air. Klorin akan bereaksi dengan air dan membentuk asam hipoklorit dan ion hipoklorit. Ion hipoklorit inilah yang dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya yang terdapat dalam air.

Apakah Klorin Aman Digunakan Dalam Penjernihan Air?

Klorin aman digunakan dalam penjernihan air. Namun, klorin harus digunakan dalam konsentrasi yang tepat dan tidak boleh melebihi batas yang diperbolehkan. Penggunaan klorin yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada mata dan kulit.

Berapa Konsentrasi Klorin yang Diperbolehkan Dalam Air?

Menurut standar WHO, konsentrasi klorin yang diperbolehkan dalam air adalah antara 0,2-0,5 miligram per liter (mg/L). Namun, konsentrasi klorin yang diperbolehkan dapat berbeda-beda di setiap negara.

Bagaimana Cara Menghilangkan Klorin dalam Air?

Klorin dapat dihilangkan dari air dengan cara menguapkan air atau dengan menggunakan bahan kimia penghilang klorin. Namun, lebih baik jika air yang mengandung klorin dibiarkan terbuka selama beberapa jam untuk mengurangi konsentrasi klorin secara alami.

Apakah Klorin Berbahaya Jika Tertelan?

Klorin dapat berbahaya jika tertelan dalam jumlah yang banyak. Klorin dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan dan bahkan dapat merusak organ dalam jika tertelan dalam jumlah besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga air yang mengandung klorin agar tidak tertelan terutama oleh anak-anak.

Kesimpulan

Klorin memegang peran penting dalam proses penjernihan air. Klorin dapat membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan penyakit. Namun, konsentrasi klorin yang digunakan harus tepat dan tidak boleh melebihi batas yang diperbolehkan agar aman digunakan. Jadi, selalu pastikan bahwa air yang dikonsumsi telah melalui proses penjernihan yang tepat dan aman untuk dikonsumsi.

FAQ

1. Apakah klorin berbahaya?

Klorin berbahaya jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan atau tertelan dalam jumlah yang banyak.

2. Berapa konsentrasi klorin yang diperbolehkan dalam air?

Konsentrasi klorin yang diperbolehkan dalam air adalah antara 0,2-0,5 mg/L menurut standar WHO.

3. Bagaimana cara menghilangkan klorin dalam air?

Klorin dapat dihilangkan dari air dengan cara menguapkan air atau menggunakan bahan kimia penghilang klorin.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.