Fungsi Kaporit Untuk Penjernihan Air

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang kaporit dalam konteks penjernihan air. Namun, apakah benar bahwa kaporit bisa menghilangkan kotoran dari air? Bagaimana cara kaporit bekerja dalam proses penjernihan air? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang fungsi kaporit dalam penjernihan air.

Apa Itu Kaporit?

Sebelum kita membahas tentang fungsi kaporit dalam penjernihan air, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kaporit. Kaporit adalah senyawa kimia yang terdiri dari klorin dan oksigen. Senyawa ini biasa digunakan untuk pengolahan air minum, kolam renang, dan juga sebagai disinfektan untuk alat-alat medis.

Cara Kerja Kaporit dalam Penjernihan Air

Kaporit sangat efektif dalam menghilangkan kotoran dalam air karena senyawa ini dapat membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Ketika kaporit ditambahkan ke dalam air, senyawa ini akan bereaksi dengan air dan membentuk hipoklorit, yang memiliki sifat oksidasi yang kuat.Hipoklorit akan bereaksi dengan kotoran dalam air dan membunuh mikroorganisme yang terdapat dalam air. Selain itu, hipoklorit juga dapat membunuh bakteri patogen, seperti Escherichia coli dan Salmonella, yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Fungsi Kaporit dalam Penjernihan Air

Kaporit memiliki beberapa fungsi dalam penjernihan air, di antaranya adalah:

1. Membunuh Bakteri dan Mikroorganisme Lain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kaporit dapat membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang terdapat dalam air. Dengan demikian, kaporit efektif dalam menghilangkan kotoran dan menjaga kualitas air.

2. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Kaporit juga dapat menghilangkan bau tak sedap yang terdapat dalam air. Bau tak sedap dapat disebabkan oleh kandungan zat organik dalam air, seperti limbah industri dan tumpahan minyak.

3. Menghilangkan Warna Kuning dan Kekeruhan pada Air

Kaporit efektif dalam menghilangkan warna kuning dan kekeruhan pada air. Warna kuning dan kekeruhan dapat disebabkan oleh kandungan besi dan mangan dalam air.

4. Menghilangkan Kandungan Klorin

Kaporit juga dapat digunakan untuk menghilangkan kandungan klorin dalam air. Klorin adalah senyawa kimia yang biasa digunakan dalam pengolahan air, namun jika kandungannya terlalu tinggi dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata.

FAQ

1. Apakah kaporit aman untuk dikonsumsi?

Kaporit aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang sangat kecil. Namun, sebaiknya air yang dikonsumsi tidak terlalu banyak mengandung kaporit.

2. Apakah kaporit dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata?

Kaporit dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata jika terkena dalam jumlah yang tinggi atau terlalu lama. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan kaporit dengan hati-hati dan menggunakan alat pelindung diri.

Kesimpulan

Kaporit adalah senyawa kimia yang sangat efektif dalam menghilangkan kotoran dari air. Senyawa ini dapat membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Selain itu, kaporit juga dapat menghilangkan bau tak sedap, warna kuning, kekeruhan, dan kandungan klorin dalam air. Namun, sebaiknya menggunakan kaporit dengan hati-hati dan mengikuti aturan yang berlaku. Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.