Dosis Tawas Untuk Penjernih Air

Kamu mungkin pernah mendengar tentang tawas sebagai bahan untuk membuat air sumur menjadi lebih jernih. Tawas dikenal sebagai bahan alami yang ampuh dalam mengendapkan kotoran dan partikel yang terdapat dalam air. Namun, sebelum kamu menggunakan tawas untuk penjernihan air, kamu perlu tahu dosis yang tepat agar hasilnya maksimal.

Apa itu Tawas?

Tawas atau alum adalah senyawa kimia yang terbuat dari kalium aluminium sulfat dodekahidrat. Tawas sudah digunakan sejak zaman kuno sebagai bahan kosmetik, obat-obatan, dan penjernih air. Tawas sangat mudah larut dalam air dan memiliki kemampuan untuk mengendapkan partikel-partikel kecil yang terdapat dalam air, sehingga membuat air menjadi lebih jernih.

Bagaimana Cara Menggunakan Tawas?

Sebelum menggunakan tawas untuk penjernihan air, pastikan air yang akan dijernihkan sudah disaring terlebih dahulu. Kemudian, tambahkan tawas dengan dosis yang tepat. Dalam penggunaan tawas untuk penjernihan air, dosis yang dianjurkan adalah 10 gram tawas per liter air. Dosis ini sudah terbukti ampuh untuk mengendapkan partikel-partikel kecil yang terdapat dalam air.

Apakah Tawas Aman Digunakan?

Tawas aman digunakan sebagai bahan penjernih air karena bersifat non-toksik dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, kamu perlu memastikan dosis yang digunakan tidak terlalu banyak agar tidak mengganggu keseimbangan pH dalam air. Jika terlalu banyak, tawas dapat membuat air menjadi asam dan beracun bagi makhluk hidup.

Bagaimana Cara Meningkatkan Efektivitas Tawas?

Untuk meningkatkan efektivitas tawas dalam penjernihan air, kamu dapat menambahkan bahan-bahan alami seperti kapur sirih atau serbuk kunyit. Kapur sirih dapat membantu menguatkan efek pengendapan tawas pada partikel-partikel yang ada di dalam air, sedangkan serbuk kunyit dapat membantu membersihkan kotoran dan bakteri dalam air.

Adakah Efek Samping Penggunaan Tawas?

Penggunaan tawas yang berlebihan dapat menyebabkan keseimbangan pH dalam air terganggu, sehingga air menjadi asam. Hal ini dapat membahayakan makhluk hidup yang mengonsumsi air tersebut. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan dosis tawas yang tepat dan tidak berlebihan.

Apakah Tawas Bisa Digunakan Untuk Air Minum?

Tawas dapat digunakan untuk penjernihan air, namun tidak dapat digunakan untuk air minum langsung. Setelah air dijernihkan dengan tawas, kamu perlu menyaring kembali air tersebut dengan kain atau filter air untuk memastikan partikel-partikel yang terendapkan tadi tidak ikut masuk ke dalam tubuh saat diminum.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Amis pada Air dengan Tawas?

Untuk menghilangkan bau amis pada air, kamu dapat menambahkan sedikit kapur sirih ke dalam air yang akan dijernihkan dengan tawas. Kapur sirih dapat membantu mengikat senyawa-senyawa yang menyebabkan bau amis, sehingga air menjadi lebih segar dan enak untuk digunakan.

Kesimpulan

Tawas merupakan bahan alami yang ampuh dalam mengendapkan kotoran dan partikel yang terdapat dalam air. Namun, agar hasilnya maksimal, kamu perlu menggunakan dosis yang tepat dan tidak berlebihan. Selain itu, kamu juga perlu memastikan air yang dijernihkan sudah tersaring terlebih dahulu sehingga partikel-partikel yang terlalu besar sudah terbuang. Terakhir, pastikan kamu tidak menggunakan air yang dijernihkan dengan tawas untuk diminum langsung, melainkan harus disaring kembali terlebih dahulu.

FAQ

  1. Apakah tawas berbahaya bagi kesehatan?
    Tawas tidak berbahaya bagi kesehatan jika digunakan dengan dosis yang tepat. Namun, jika digunakan dengan dosis yang berlebihan dapat menyebabkan air menjadi asam dan beracun bagi makhluk hidup.
  2. Bisakah tawas digunakan untuk air minum langsung?
    Tawas dapat digunakan untuk penjernihan air, namun tidak dapat digunakan untuk air minum langsung. Setelah air dijernihkan dengan tawas, kamu perlu menambahkan langkah penyaringan kembali dengan kain atau filter air untuk memastikan partikel-partikel yang terendapkan tadi tidak ikut masuk ke dalam tubuh saat diminum.
  3. Apakah tawas dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada air?
    Ya, tawas dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada air. Kamu dapat menambahkan sedikit kapur sirih ke dalam air yang akan dijernihkan dengan tawas untuk memperkuat efek pengendapan dan mengikat senyawa-senyawa yang menyebabkan bau amis.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya di website kami.