Cara Menjernihkan Air Tambak Yang Keruh

Air tambak yang keruh menjadi masalah besar bagi petani tambak. Air keruh dapat menghambat pertumbuhan ikan dan udang serta memicu timbulnya penyakit pada hewan tersebut. Selain itu, air keruh juga dapat mempengaruhi kualitas air dan membuat air tidak layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, perlu adanya cara untuk menjernihkan air tambak yang keruh. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjernihkan air tambak yang keruh.

1. Gunakan Bakteri Probiotik

Bakteri probiotik adalah bakteri yang dapat membantu menjernihkan air tambak secara alami. Bakteri probiotik bisa membantu menguraikan limbah organik dan bakteri pathogen yang ada pada air. Dengan demikian, air menjadi lebih jernih dan bersih. Kamu bisa menggunakan produk probiotik yang sudah tersedia di pasaran atau menciptakan sendiri bakteri probiotikmu.

2. Penambahan Kapur atau Gamping

Kapur atau gamping bisa membantu meningkatkan pH air dan membunuh bakteri pathogen pada air tambak. Kamu bisa menambahkan kapur atau gamping ke dalam air tambak secara berkala.

3. Gunakan Tanaman Air

Tanaman air dapat membantu menjernihkan air tambak secara alami. Tanaman air dapat menyerap nutrisi yang tersedia pada air sehingga nutrisi tersebut tidak lagi tersedia untuk bakteri pathogen dan ganggang. Selain itu, tanaman air juga dapat menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh ikan dan udang.

4. Pemakaian Arang Aktif

Arang aktif dapat membantu menjernihkan air tambak dengan menyerap zat-zat yang terlarut pada air. Kamu bisa menambahkan arang aktif ke dalam air tambak dalam bentuk bubuk atau lembaran.

5. Penggunaan Filter Air

Sistem filter air dapat membantu menjernihkan air tambak dengan menyaring semua kotoran dan bakteri yang ada pada air. Filter air bisa dibuat sendiri atau dibeli di pasaran dengan harga yang terjangkau.

6. Penambahan Garam

Garam dapat membantu mengurangi populasi bakteri pathogen pada air tambak. Kamu bisa menambahkan garam ke dalam air tambak dengan dosis yang sesuai.

7. Pemakaian Oksigen Tambahan

Pemakaian oksigen tambahan dapat membantu meningkatkan kadar oksigen pada air yang berdampak pada pertumbuhan ikan dan udang. Kamu bisa menggunakan alat penghasil oksigen tambahan seperti aerator atau blower.

8. Memperbanyak Pergantian Air

Pergantian air dapat membantu menjernihkan air tambak dengan mengurangi kotoran yang terakumulasi pada air. Kamu bisa melakukan pergantian air secara berkala dengan dosis yang sesuai.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjernihkan air tambak yang keruh. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan, kamu bisa memilih salah satu cara atau mengombinasikannya agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Dengan menjaga kebersihan air, kamu bisa meningkatkan produktivitas tambak dan menjaga kualitas air yang baik.

FAQ

Q: Apakah air tambak yang keruh berbahaya?A: Ya, air tambak yang keruh dapat mempengaruhi kualitas air dan membuat air tidak layak untuk dikonsumsi.Q: Bagaimana cara menjernihkan air tambak secara alami?A: Kamu bisa menggunakan bakteri probiotik, tanaman air, arang aktif, dan lain-lain.Q: Apakah pemakaian filter air mahal?A: Tergantung dari jenis dan kapasitas filter air. Ada beberapa filter air yang memiliki harga terjangkau.