Cara Menjernihkan Air Sumur Dengan Tawas

Banyak orang di Indonesia masih bergantung pada air sumur sebagai sumber air minum. Namun, seringkali air sumur tersebut tidak cukup jernih dan bersih untuk dikonsumsi. Salah satu solusi untuk menjernihkan air sumur adalah dengan menggunakan tawas. Tawas telah lama digunakan sebagai bahan pengendap dalam berbagai industri, termasuk industri pengolahan air. Berikut adalah cara menjernihkan air sumur dengan tawas.

1. Siapkan Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pengolahan air sumur dengan tawas, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tawas, ember, kain saring, dan air bersih.

2. Masukkan Tawas ke dalam Ember

Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah memasukkan tawas ke dalam ember. Tawas yang digunakan harus dalam bentuk bubuk, dan jumlahnya sekitar 1 sendok makan per 100 liter air.

3. Tambahkan Air ke dalam Ember

Setelah tawas dimasukkan ke dalam ember, tambahkan air bersih ke dalam ember tersebut. Perbandingan air dan tawas adalah 10 liter air per 1 kg tawas. Aduk rata menggunakan pengaduk.

4. Diamkan Selama 24 Jam

Setelah adonan tawas dan air dicampur, diamkan selama 24 jam agar tawas dapat bereaksi dengan air dan partikel-partikel kotoran dalam air dapat mengendap.

5. Saring Air

Setelah 24 jam, ambil air bersih yang ada di atas endapan tawas menggunakan kain saring. Tawas yang telah mengendap dapat dibuang.

6. Biarkan Air Diam Selama Beberapa Jam

Setelah disaring, biarkan air diam selama beberapa jam agar partikel-partikel kotoran yang tersisa dapat mengendap. Setelah itu, air siap digunakan.

7. Ulangi Proses jika Diperlukan

Jika air masih belum cukup jernih, kamu dapat mengulangi proses tersebut beberapa kali hingga air benar-benar jernih.

8. Pastikan Kebersihan Ember dan Alat-alat yang Digunakan

Setelah selesai menggunakan tawas, pastikan ember dan alat-alat yang digunakan dalam proses pengendapan air dibersihkan dengan baik agar tidak menimbulkan kontaminasi.

Kesimpulan

Dengan menggunakan tawas, kamu dapat menjernihkan air sumur dengan mudah dan murah. Namun, pastikan tawas yang digunakan adalah tawas murni dan tidak dicampur dengan bahan-bahan lain. Selain itu, pastikan juga air sumur sudah difilter terlebih dahulu sebelum menggunakan tawas untuk mengendapkannya.

FAQ

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengendapkan air sumur dengan tawas?
A: Waktu yang dibutuhkan adalah 24 jam.

Q: Apakah tawas yang digunakan harus dalam bentuk bubuk?
A: Ya, tawas yang digunakan harus dalam bentuk bubuk agar dapat larut dengan baik dalam air.

Q: Berapa jumlah tawas yang diperlukan?
A: Jumlah tawas yang diperlukan adalah sekitar 1 sendok makan per 100 liter air.

Q: Apa yang harus dilakukan jika air sumur masih belum cukup jernih setelah proses pengendapan?
A: Kamu dapat mengulangi proses tersebut beberapa kali hingga air benar-benar jernih.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.