Cara Menjernihkan Air Kolam Yang Hijau

Kamu pasti pernah mengalami air kolam yang tadinya jernih, tiba-tiba berubah menjadi hijau dan keruh. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas renang dan membuat kolam terlihat kotor. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjernihkan air kolam yang hijau.

1. Membersihkan Debu dan Kotoran Dari Kolam

Sebelum melakukan perawatan lebih lanjut, pastikan kamu membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kolam terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan menyapu atau menyiram kolam dengan air bersih. Pastikan juga filter kolam bekerja dengan baik dan membersihkannya secara teratur.

2. Menambahkan Kaporit

Kaporit merupakan bahan kimia yang bisa digunakan untuk menjernihkan air kolam yang hijau. Kamu bisa menambahkan kaporit sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan. Namun, pastikan kamu tidak terlalu banyak menambahkan kaporit karena dapat membuat air terlalu beracun bagi manusia.

3. Menggunakan Floculants

Floculants adalah bahan kimia yang dapat membuat partikel-partikel kecil menggumpal dan terendap di dasar kolam. Hal ini akan membuat air kolam semakin jernih. Kamu bisa menambahkan floculants sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan.

4. Menambahkan Garam

Garam juga bisa digunakan untuk menjernihkan air kolam yang hijau. Kamu bisa menambahkan garam pada kolam dengan dosis yang sesuai. Selain itu, garam juga dapat membantu mencegah pertumbuhan alga di kolam.

5. Menambahkan Tanaman Air

Tanaman air seperti eceng gondok atau teratai dapat membantu menjernihkan air kolam yang hijau. Tanaman air dapat menyerap nutrisi yang ada di air dan membuat air kolam lebih bersih. Pastikan kamu memilih tanaman air yang sesuai dengan kondisi kolam kamu.

6. Menjaga Kualitas Air Kolam

Menjaga kualitas air kolam adalah hal yang sangat penting untuk mencegah air kolam berubah menjadi hijau. Pastikan kamu mempertahankan pH air kolam yang seimbang, mengganti air kolam secara teratur, dan menjaga jumlah kaporit yang sesuai.

7. Membersihkan Filter Kolam

Filter kolam yang kotor dapat membuat air kolam menjadi hijau dan keruh. Pastikan kamu membersihkan filter kolam secara teratur agar dapat bekerja dengan baik dan mempertahankan kualitas air kolam yang bersih.

8. Mengganti Air Kolam Secara Teratur

Terakhir, mengganti air kolam secara teratur juga merupakan cara yang efektif untuk menjaga kualitas air kolam. Pastikan kamu mengganti air kolam minimal satu kali dalam seminggu dan memperhatikan kualitas air yang digunakan untuk mengisi kolam.

Kesimpulan

Menjernihkan air kolam yang hijau tidaklah sulit. Kamu bisa melakukan beberapa cara seperti membersihkan debu dan kotoran, menambahkan kaporit atau floculants, menambahkan garam, menambahkan tanaman air, menjaga kualitas air kolam, membersihkan filter kolam, dan mengganti air kolam secara teratur. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kolam kamu akan selalu bersih dan menyenangkan untuk digunakan.

FAQ

Q: Bisakah saya mengganti kaporit dengan bahan lain?
A: Kaporit tidak bisa digantikan dengan bahan lain karena bahan kimia ini memiliki fungsi khusus dalam menjernihkan air kolam.Q: Apakah floculants berbahaya bagi manusia?
A: Floculants tidak berbahaya bagi manusia jika digunakan sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan.Q: Apakah tanaman air bisa merusak filter kolam?
A: Tidak, tanaman air justru dapat membantu menjaga kualitas air dan tidak merusak filter kolam.Q: Berapa kali saya harus mengganti air kolam?
A: Minimal sekali dalam seminggu, tergantung pada kondisi air kolam dan pemakaian kolam tersebut. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.