Cara Menjernihkan Air Kolam Renang Yang Keruh

Kolam renang yang keruh tentu akan mengganggu kenyamananmu saat berenang. Keruhnya air kolam renang bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti pH air yang tidak seimbang, kotoran atau bakteri yang terbawa oleh pengunjung kolam, dan banyak lagi. Namun, jangan khawatir karena kamu dapat menjernihkan air kolam renang yang keruh dengan beberapa cara berikut ini.

1. Periksa pH dan Kadar Kaporit

pH dan kadar kaporit air kolam renang harus selalu dalam kondisi seimbang untuk mencegah pertumbuhan alga dan bakteri. Dalam kondisi normal, pH air kolam renang harus berada di kisaran 7,2 hingga 7,8. Sedangkan kadar kaporit harus berada di kisaran 2 hingga 4 ppm. Jika pH atau kadar kaporit tidak seimbang, kamu perlu menambahkan bahan kimia untuk menormalkannya.

2. Bersihkan Filter Kolam Renang

Filter kolam renang berfungsi untuk menangkap kotoran dan bakteri dalam air kolam renang. Jika filter terlalu kotor, maka bakteri dan kotoran akan tetap berada di kolam renang. Oleh karena itu, kamu harus membersihkan filter kolam renang secara teratur untuk menjaga kebersihan air kolam renang.

3. Lakukan Shock Treatment

Shock treatment adalah proses menghilangkan klorin dari air kolam renang untuk membunuh bakteri dan alga yang tumbuh di dalamnya. Proses ini dilakukan dengan menambahkan kaporit atau produk shock treatment ke dalam air kolam renang. Setelah itu, biarkan air kolam renang tertutup selama beberapa jam sebelum digunakan kembali.

4. Gunakan Clarifier

Clarifier adalah produk kimia yang membantu menggumpalkan partikel-partikel kecil yang terdapat pada air kolam renang. Partikel-partikel tersebut akan tersaring oleh filter kolam renang sehingga air kolam menjadi lebih jernih. Kamu dapat menambahkan clarifier ke dalam air kolam renang sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada kemasannya.

5. Bersihkan Dinding Kolam Renang

Kotoran dan lumut yang menempel pada dinding kolam renang juga dapat menyebabkan air kolam renang menjadi keruh. Oleh karena itu, kamu harus membersihkan dinding kolam renang secara teratur dengan sikat khusus kolam renang agar tidak ada kotoran yang menempel.

6. Atur Jumlah Pengunjung

Jumlah pengunjung yang terlalu banyak juga dapat membuat air kolam renang menjadi keruh. Setiap kolam renang memiliki kapasitas yang berbeda-beda, sehingga kamu harus memperhatikan jumlah pengunjung yang masuk ke dalam kolam renang agar kebersihan air tetap terjaga.

7. Perhatikan Kualitas Air

Air yang digunakan untuk mengisi kolam renang haruslah berasal dari sumber yang bersih dan bebas dari kuman. Jangan menggunakan air dari sumur atau air hujan karena kualitasnya belum tentu baik. Kamu juga dapat menggunakan alat pengolahan air seperti filter atau purifier untuk menjaga kualitas air kolam renang.

8. Lakukan Perawatan Rutin

Perawatan rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan air kolam renang. Lakukanlah perawatan rutin seperti membersihkan filter kolam renang, menambahkan bahan kimia, dan membersihkan dinding kolam renang secara teratur. Dengan melakukan perawatan rutin, kamu dapat menjaga kebersihan air kolam renang dan mencegah air menjadi keruh.

Kesimpulan

Kolam renang yang keruh tentu akan mengganggu kenyamananmu saat berenang. Namun, kamu dapat menjernihkan air kolam renang yang keruh dengan melakukan beberapa cara seperti memeriksa pH dan kadar kaporit, membersihkan filter kolam renang, melakukan shock treatment, menggunakan clarifier, membersihkan dinding kolam renang, mengatur jumlah pengunjung, memperhatikan kualitas air, dan melakukan perawatan rutin. Dengan menjaga kebersihan air kolam renang, kamu dapat menikmati berenang dengan nyaman dan aman.

FAQ

Q: Apakah menggunakan air hujan untuk mengisi kolam renang aman?
A: Tidak, air hujan belum tentu bersih dan bebas dari kuman sehingga penggunaannya untuk mengisi kolam renang tidak disarankan.

Q: Berapa kali perlu melakukan perawatan rutin pada kolam renang?
A: Lakukan perawatan rutin minimal satu kali dalam seminggu untuk menjaga kebersihan air kolam renang.

Q: Apa yang harus dilakukan jika air kolam renang masih keruh setelah dilakukan perawatan?
A: Periksa kembali pH dan kadar kaporit air kolam renang serta pastikan filter kolam renang dalam kondisi baik. Jika masih keruh, kamu dapat menggunakan clarifier atau memanggil ahli kolam renang untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya untuk menambah pengetahuanmu.