Cara Menjernihkan Air Di Tambak

Air yang jernih merupakan salah satu faktor penting dalam pembesaran ikan di tambak. Namun, seringkali air di tambak menjadi keruh dan kotor karena berbagai faktor seperti sisa makanan ikan, kotoran ikan, dan limbah pertanian. Air yang keruh dan kotor dapat memengaruhi pertumbuhan ikan dan bahkan menyebabkan kematian ikan. Oleh karena itu, penting untuk menjernihkan air di tambak. Berikut adalah beberapa cara untuk menjernihkan air di tambak.

1. Menggunakan Tanaman Air

Tanaman air seperti enceng gondok, eceng kecil, dan kangkung dapat membantu menjernihkan air di tambak. Tanaman ini dapat menyerap nutrisi yang berlebihan dalam air dan menghasilkan oksigen, sehingga membuat air menjadi lebih jernih. Selain itu, tanaman air juga dapat menyediakan tempat berlindung bagi ikan.

2. Menggunakan Filter

Filter dapat digunakan untuk menyaring kotoran dan sisa makanan ikan dalam air. Filter dapat dibuat sendiri dengan menggunakan media seperti karpet atau kain kasa. Filter juga dapat dibeli di toko perikanan atau toko hewan peliharaan.

3. Menggunakan Bahan Kimia

Bahan kimia seperti kapur, garam, dan zeolit dapat digunakan untuk menjernihkan air di tambak. Kapur dapat digunakan untuk menambahkan kalsium dan pH dalam air, sementara garam dapat membantu menghilangkan bakteri dan parasit dalam air. Zeolit dapat digunakan untuk menyerap zat-zat berbahaya dalam air.

4. Mengganti Air

Mengganti air secara teratur dapat membantu menjaga kejernihan air di tambak. Air yang telah tercemar dapat diganti dengan air bersih. Namun, perlu diingat bahwa penggantian air yang terlalu sering dapat mengurangi nutrisi dalam air, sehingga dapat memengaruhi pertumbuhan ikan.

5. Menggunakan Bakteri Pengurai

Bakteri pengurai seperti Bacillus sp. dapat digunakan untuk mengurai kotoran dan sisa makanan ikan dalam air. Bakteri ini dapat ditemukan di toko perikanan.

6. Menjaga Kualitas Pakan

Pakan yang tidak berkualitas dapat memengaruhi kualitas air di tambak. Sisa pakan yang tidak dimakan ikan dapat membusuk dan menyebabkan air menjadi keruh. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pakan yang berkualitas dan memberi makan ikan dengan jumlah yang sesuai.

7. Mengurangi Kepadatan Ikan

Kepadatan ikan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan air menjadi keruh dan kotor. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kepadatan ikan yang sesuai dengan ukuran tambak.

8. Membersihkan Dasar Tambak

Membersihkan dasar tambak secara teratur dapat membantu menjaga kebersihan air di tambak. Kotoran dan sisa makanan ikan yang menumpuk di dasar tambak dapat membusuk dan menyebabkan air menjadi keruh.

Kesimpulan

Menjaga kejernihan air di tambak sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjernihkan air di tambak, seperti menggunakan tanaman air, filter, bahan kimia, bakteri pengurai, dan lain-lain. Selain itu, menjaga kualitas pakan, kepadatan ikan, dan membersihkan dasar tambak juga dapat membantu menjaga kejernihan air di tambak.

FAQ

1. Apa saja faktor yang menyebabkan air di tambak menjadi keruh?

Beberapa faktor yang menyebabkan air di tambak menjadi keruh antara lain sisa makanan ikan, kotoran ikan, dan limbah pertanian.

2. Apa yang harus dilakukan jika air di tambak menjadi keruh?

Air di tambak yang keruh harus dijernihkan dengan menggunakan cara-cara seperti menggunakan tanaman air, filter, bahan kimia, bakteri pengurai, dan lain-lain.

3. Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kejernihan air di tambak?

Untuk menjaga kejernihan air di tambak, perlu dilakukan penggantian air secara teratur, menjaga kualitas pakan, kepadatan ikan, dan membersihkan dasar tambak secara teratur.