Cara Menjernihkan Air Bak Kamar Mandi

Kamu pasti sering mengalami masalah air bak kamar mandi yang keruh, berwarna kuning atau bahkan berbau tidak sedap. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas mandi dan juga kesehatan kamu. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara menjernihkan air bak kamar mandi dengan mudah dan praktis.

1. Gunakan Filter Air

Salah satu cara terbaik untuk menjernihkan air bak kamar mandi adalah dengan menggunakan filter air. Filter air akan membantu menghilangkan partikel-partikel kecil yang terkandung dalam air seperti kotoran, pasir, dan lumpur. Kamu bisa membeli filter air yang mudah dipasang pada keran atau shower.

2. Gunakan Bahan Alami

Kamu juga bisa menggunakan bahan alami untuk menjernihkan air bak kamar mandi seperti kulit jeruk, cuka, atau garam. Cara ini terbilang cukup efektif karena bahan-bahan tersebut mampu mengikis partikel kotoran pada air. Caranya, campurkan bahan alami tersebut ke dalam air bak kamar mandi dan biarkan selama beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih.

3. Gunakan Baking Soda

Baking soda juga bisa menjadi solusi untuk menjernihkan air bak kamar mandi yang keruh. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air bak kamar mandi dan biarkan selama beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Rutin Membersihkan Bak Kamar Mandi

Cara terbaik untuk menjaga agar air bak kamar mandi tetap jernih adalah dengan rutin membersihkan bak kamar mandi. Kamu bisa membersihkan dengan menggunakan sabun atau cairan pembersih lainnya. Hal ini akan menghindarkan air bak kamar mandi dari kotoran yang menempel dan menyebabkan air menjadi keruh.

5. Gunakan Air Sulingan

Air sulingan atau air yang telah disuling juga bisa menjadi alternatif untuk menjernihkan air bak kamar mandi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan alat penyuling air atau membeli air sulingan yang sudah jadi. Air sulingan terbilang lebih aman dan bersih karena telah melalui proses penyulingan yang sempurna.

6. Periksa Kualitas Air PDAM

Jika kamu menggunakan air PDAM, periksalah kualitas air tersebut. Bisa jadi air yang kamu gunakan mengandung banyak partikel kotoran atau zat-zat kimia yang berbahaya. Jika memang kualitas air PDAM buruk, kamu bisa memasang filter air pada keran atau shower.

7. Hindari Menggunakan Sabun atau Shampoo Berlebihan

Menggunakan sabun atau shampoo berlebihan pada saat mandi juga bisa menyebabkan air bak kamar mandi menjadi keruh. Oleh karena itu, gunakanlah sabun atau shampoo secukupnya saja agar tidak terlalu banyak busa dan meninggalkan residu pada air bak kamar mandi.

8. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Jika kamu ingin membersihkan air bak kamar mandi secara maksimal, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang bisa dibeli di toko-toko perlengkapan rumah tangga. Cairan pembersih tersebut mampu menghilangkan bau tak sedap dan kotoran yang menempel pada air bak kamar mandi.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjernihkan air bak kamar mandi. Namun, yang paling penting adalah dengan menjaga kebersihan air bak kamar mandi secara rutin agar air tetap jernih dan bersih. Jangan lupa untuk menggunakan cara yang tepat sesuai dengan kondisi air bak kamar mandi kamu.

FAQ

1. Bagaimana cara memilih filter air yang tepat untuk air bak kamar mandi?
Kamu bisa memilih filter air yang sesuai dengan jenis air yang kamu gunakan dan ukuran filter air yang cocok untuk keran atau shower kamu.2. Apakah air sulingan aman untuk dikonsumsi?
Air sulingan yang telah melalui proses penyulingan yang baik terbilang sangat aman untuk dikonsumsi.3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merendam air bak kamar mandi dengan bahan alami?
Waktu yang dibutuhkan tergantung pada jenis bahan alami yang digunakan. Namun, sekitar 30-60 menit sudah cukup untuk merendam air bak kamar mandi.Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya untuk informasi yang lebih bermanfaat.