Cara Menggunakan Tawas Untuk Menjernihkan Air Sumur

Air sumur merupakan salah satu sumber air yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Namun, seringkali air sumur tersebut keruh dan kotor sehingga tidak aman untuk dikonsumsi. Salah satu cara untuk menjernihkan air sumur adalah dengan menggunakan tawas. Tawas merupakan bahan kimia yang banyak digunakan dalam berbagai hal, termasuk untuk menjernihkan air sumur. Berikut ini adalah cara menggunakan tawas untuk menjernihkan air sumur.

Memilih Tawas yang Tepat

Tawas yang digunakan untuk menjernihkan air sumur haruslah tawas yang berkualitas dan aman. Pastikan tawas yang kamu beli memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia) dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tawas juga harus dalam bentuk bubuk dan tidak menggumpal.

Mengukur Jumlah Tawas yang Dibutuhkan

Jumlah tawas yang dibutuhkan untuk menjernihkan air sumur tergantung pada tingkat kekeruhan air sumur tersebut. Untuk air sumur yang keruh, biasanya diperlukan sekitar 10-20 gram tawas per 1000 liter air. Namun, pastikan kamu mengikuti aturan dosis yang tertera pada kemasan tawas yang kamu beli.

Menyiapkan Tawas

Setelah mengukur jumlah tawas yang dibutuhkan, kamu harus menyiapkan tawas tersebut. Caranya adalah dengan mencairkan tawas dalam air bersih terlebih dahulu. Tawas yang telah dicairkan ini akan digunakan untuk menyaring air sumur.

Memasukkan Tawas ke Dalam Sumur

Setelah tawas siap digunakan, kamu harus memasukkannya ke dalam sumur. Caranya adalah dengan menuangkan tawas yang telah dicairkan ke dalam sumur secara perlahan-lahan. Pastikan kamu tidak menuangkan tawas terlalu banyak agar tidak merusak kualitas air sumur.

Menunggu Beberapa Jam

Setelah menambahkan tawas ke dalam sumur, kamu harus menunggu beberapa jam hingga tawas bekerja dengan baik. Selama menunggu, pastikan kamu tidak menggunakan air sumur untuk keperluan apa pun.

Menyaring Air Sumur

Setelah menunggu beberapa jam, air sumur akan terlihat lebih jernih dan bersih. Kamu bisa menyaring air sumur tersebut dengan menggunakan kain saring atau saringan khusus untuk air sumur.

Mengulangi Proses

Proses penggunaan tawas untuk menjernihkan air sumur bisa diulangi setelah beberapa waktu, tergantung pada tingkat kekeruhan air sumur. Namun, jangan terlalu sering menggunakan tawas karena bisa merusak kualitas air sumur.

FAQ

Q: Apakah tawas aman digunakan untuk menjernihkan air sumur?
A: Tawas aman digunakan untuk menjernihkan air sumur selama kamu memilih tawas berkualitas dan mengikuti aturan dosis yang tepat.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menunggu setelah menambahkan tawas ke dalam sumur?
A: Kamu harus menunggu beberapa jam hingga tawas bekerja dengan baik.

Q: Apakah proses menggunakan tawas untuk menjernihkan air sumur bisa diulangi?
A: Bisa, namun jangan terlalu sering menggunakan tawas karena bisa merusak kualitas air sumur.

Kesimpulan

Menggunakan tawas untuk menjernihkan air sumur adalah salah satu cara yang efektif dan mudah. Namun, pastikan kamu memilih tawas berkualitas dan mengikuti aturan dosis yang tepat agar tidak merusak kualitas air sumur. Selain itu, jangan lupa untuk mengulangi proses ini secara berkala sesuai dengan tingkat kekeruhan air sumur.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya tentang tips dan trik seputar kesehatan dan lingkungan hidup.