Cara Membuat Saringan Air Agar Jernih

Air menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Tetapi sayangnya, tidak semua air yang kita gunakan bisa langsung dikonsumsi. Ada beberapa air yang keruh dan mengandung kotoran, sehingga membahayakan kesehatan.Solusinya, kamu bisa membuat saringan air agar jernih. Berikut adalah cara membuatnya.

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum membuat saringan air, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:- Ember besar- Kerikil kecil- Pasir halus- Aktif karbon- Kain kasaKamu bisa membeli bahan-bahan tersebut di toko bangunan terdekat atau toko online.

2. Sediakan Ember Besar

Setelah menyiapkan bahan-bahan, kamu perlu menyediakan ember besar sebagai wadah saringan air. Pastikan ember memiliki kapasitas yang cukup besar agar bisa menampung banyak air.

3. Buat Lapisan Kerikil Pertama

Langkah selanjutnya adalah membuat lapisan kerikil pertama di dasar ember. Kerikil berfungsi untuk menahan partikel besar dan pecahan yang ada di air.Tata kerikil kecil secara merata di dasar ember. Pastikan kerikil menutupi seluruh dasar ember.

4. Buat Lapisan Pasir

Setelah membuat lapisan kerikil, selanjutnya kamu perlu membuat lapisan pasir. Pasir berfungsi untuk menangkap partikel kecil yang tidak bisa ditahan oleh kerikil.Tata pasir halus di atas lapisan kerikil. Pastikan pasir merata dan menutupi seluruh permukaan kerikil.

5. Buat Lapisan Aktif Karbon

Setelah membuat lapisan pasir, selanjutnya kamu perlu membuat lapisan aktif karbon. Aktif karbon berfungsi untuk menyerap bau dan rasa yang tidak sedap pada air.Tata aktif karbon di atas lapisan pasir. Pastikan aktif karbon merata dan menutupi seluruh permukaan pasir.

6. Buat Lapisan Pasir Lagi

Setelah membuat lapisan aktif karbon, selanjutnya kamu perlu membuat lapisan pasir lagi. Langkah ini bertujuan untuk menahan partikel kecil yang tidak tertangkap oleh lapisan sebelumnya.Tata pasir halus di atas lapisan aktif karbon. Pastikan pasir merata dan menutupi seluruh permukaan aktif karbon.

7. Tambahkan Kain Kasa

Setelah membuat seluruh lapisan, kamu perlu menambahkan kain kasa di atas lapisan terakhir. Kain kasa berfungsi untuk menahan partikel-partikel kecil yang masih tersisa.Lipat kain kasa menjadi dua, lalu letakkan di atas lapisan pasir terakhir.

8. Saring Air

Setelah semua lapisan terbentuk, saringkan air melalui saringan yang telah dibuat. Pastikan saringan berada di atas wadah penampung air.Saring air secara perlahan-lahan dan biarkan air mengalir melalui lapisan kerikil, pasir, aktif karbon, dan kain kasa. Setelah itu, kamu bisa menggunakan air yang sudah disaring tersebut.

FAQ

1. Apakah saringan air ini bisa digunakan untuk semua jenis air?

Ya, saringan air ini bisa digunakan untuk semua jenis air. Namun, jika air sangat keruh atau mengandung kotoran berbahaya, sebaiknya kamu tidak menggunakan saringan ini.

2. Apakah saringan air perlu dibersihkan?

Ya, saringan air perlu dibersihkan setiap beberapa bulan sekali. Kamu bisa membersihkannya dengan cara mencuci lapisan-lapisan saringan dengan air bersih.

3. Apakah bahan-bahan saringan air mudah didapatkan?

Ya, bahan-bahan saringan air bisa didapatkan dengan mudah di toko bangunan atau toko online.

4. Berapa lama umur saringan air?

Umur saringan air tergantung pada frekuensi penggunaannya dan kualitas air yang disaring. Namun, rata-rata umur saringan air adalah 6-12 bulan.

5. Apakah saringan air ini bisa menghilangkan bakteri dan virus pada air?

Tidak, saringan air ini hanya berfungsi untuk menghilangkan partikel-partikel besar dan kecil pada air. Untuk menghilangkan bakteri dan virus pada air, kamu perlu menggunakan alat atau bahan lain.

Kesimpulan

Membuat saringan air agar jernih bisa dilakukan dengan mudah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Dengan membuat saringan air sendiri, kamu bisa menghemat biaya dan lebih terjamin kebersihan air yang kamu gunakan. Jangan lupa untuk membersihkan saringan air secara rutin agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya mengenai tips dan trik yang bermanfaat untuk kamu.