Cara Membuat Filter Penjernih Air Sumur Bor

Kamu yang memiliki sumur bor pasti pernah merasakan airnya yang tidak jernih dan tidak bisa diminum langsung. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kotoran dan bakteri yang masuk ke dalam sumur. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat filter penjernih air sendiri di rumah. Simak cara pembuatannya di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat filter penjernih air, kamu harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. Ember plastik berukuran besar
  2. Kerikil
  3. Pasir
  4. Karbon aktif
  5. Kain saring atau kapas
  6. Alat pemotong

Langkah-Langkah Pembuatan Filter Penjernih Air

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan filter penjernih air sumur bor:

  1. Pertama, potong bagian bawah ember plastik dengan menggunakan alat pemotong. Potongan yang dihasilkan harus sesuai dengan ukuran kain saring atau kapas yang kamu miliki.
  2. Pasang kain saring atau kapas di bagian bawah ember yang sudah dipotong tadi. Pastikan kain tersebut menutupi seluruh permukaan bagian bawah ember.
  3. Tuangkan karbon aktif ke dalam ember hingga setengah bagian. Ratakan karbon aktif dengan menggunakan tangan atau alat pengaduk.
  4. Tambahkan pasir ke dalam ember hingga mencapai 1/3 bagian. Ratakan pasir dengan menggunakan tangan atau alat pengaduk.
  5. Tambahkan kerikil ke dalam ember hingga mencapai 1/3 bagian. Ratakan kerikil dengan menggunakan tangan atau alat pengaduk.
  6. Tambahkan pasir kembali ke dalam ember hingga ember penuh dan tutup dengan kain saring atau kapas.
  7. Filter penjernih air sumur bor siap digunakan. Letakkan ember di tempat yang tinggi agar air bisa mengalir dari atas ke bawah dan masuk ke dalam ember.

Cara Menggunakan Filter Penjernih Air Sumur Bor

Setelah filter penjernih air selesai dibuat, kamu bisa langsung menggunakannya untuk menyaring air sumur bor. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menuangkan air ke dalam ember filter dan biarkan air mengalir ke bawah hingga keluar dari lubang di bagian bawah ember. Air yang keluar sudah terbebas dari kotoran dan bakteri sehingga siap diminum.

Perawatan Filter Penjernih Air Sumur Bor

Untuk menjaga agar filter tetap berfungsi dengan baik, kamu harus melakukan perawatan secara berkala. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membersihkan filter setiap 3-6 bulan sekali. Caranya adalah dengan membuka kain saring atau kapas di bagian bawah ember, membuang pasir dan kerikil yang sudah kotor, membersihkan karbon aktif dengan air bersih, dan merapikan kembali lapisan pasir dan kerikil.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah filter penjernih air sumur bor bisa menyaring semua jenis kotoran?
Filter penjernih air sumur bor hanya bisa menyaring kotoran dan bakteri yang berukuran besar. Untuk kotoran yang lebih halus, kamu harus menggunakan filter tambahan.2. Apakah filter penjernih air sumur bor bisa digunakan untuk menyaring air hujan?
Filter penjernih air sumur bor hanya bisa digunakan untuk menyaring air sumur bor.

Kesimpulan

Membuat filter penjernih air sumur bor sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan filter ini, kamu bisa meminum air sumur bor yang jernih dan bebas dari kotoran dan bakteri. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala agar filter tetap berfungsi dengan baik. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.