Cara Membuat Alat Penjernih Air Dengan Bahan Alami

Air adalah sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Namun, tidak semua air yang tersedia aman untuk dikonsumsi. Banyak air yang tercemar dan mengandung zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memiliki alat penjernih air di rumah agar air yang kamu konsumsi aman dan bersih. Namun, tidak semua orang mampu membeli alat penjernih air yang mahal. Tenang saja, kamu dapat membuat alat penjernih air dengan bahan alami yang mudah didapatkan. Berikut adalah cara membuat alat penjernih air dengan bahan alami.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat alat penjernih air dengan bahan alami sangat mudah didapatkan di sekitar kamu. Bahan-bahan yang kamu butuhkan antara lain:

  1. Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter
  2. Batang kayu atau bahan keras lainnya
  3. Batu kerikil
  4. Pasir halus
  5. Arang kayu
  6. Benang nilon

Langkah-langkah membuat alat penjernih air

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat alat penjernih air dengan bahan alami.

1. Potong botol plastik menjadi dua bagian

Pertama-tama, kamu harus memotong botol plastik menjadi dua bagian. Bagian bawah botol digunakan sebagai wadah untuk menyimpan air yang akan disaring, sedangkan bagian atas botol dibalik dan dimasukkan ke dalam bagian bawah botol sebagai penyaring.

2. Buat lubang pada wadah botol

Buatlah lubang kecil pada bagian bawah wadah botol menggunakan batang kayu atau bahan keras lainnya. Lubang tersebut bertujuan untuk mengeluarkan air yang sudah disaring.

3. Isi botol dengan bahan penyaring

Setelah itu, masukkan bahan penyaring ke dalam botol, mulai dari arang kayu, batu kerikil, dan pasir halus. Susunlah bahan penyaring tersebut secara berlapis-lapis. Pastikan untuk memasukkan arang kayu ke dalam botol terlebih dahulu, karena arang kayu merupakan bahan yang paling efektif dalam menyerap zat-zat berbahaya dalam air.

4. Pasang penyaring pada wadah botol

Setelah bahan penyaring terisi penuh, pasanglah bagian atas botol yang sudah dibalik ke dalam bagian bawah botol yang berisi bahan penyaring. Pastikan bagian atas botol tersebut pas dan tidak bergerak.

5. Buat lubang pada tutup botol

Buatlah lubang kecil pada tutup botol menggunakan batang kayu atau bahan keras lainnya. Lubang tersebut bertujuan untuk memasukkan air yang akan disaring ke dalam botol.

6. Pasang benang nilon pada tutup botol

Pasanglah benang nilon pada tutup botol dengan menekan ujung benang nilon ke dalam lubang tutup botol. Benang nilon ini bertujuan untuk menyaring zat-zat berbahaya yang lebih halus pada air.

7. Selesai

Alat penjernih air dengan bahan alami siap digunakan. Cukup masukkan air yang akan disaring ke dalam botol melalui lubang pada tutup botol dan biarkan air meresap ke dalam bahan penyaring dalam botol. Air yang sudah disaring akan keluar dari lubang kecil pada bagian bawah botol.

FAQ

1. Apa saja zat-zat berbahaya yang dapat disaring oleh alat penjernih air dengan bahan alami?

Alat penjernih air dengan bahan alami dapat menyaring berbagai macam zat berbahaya seperti logam berat, bakteri, virus, dan zat kimia berbahaya.

2. Berapa lama alat penjernih air dengan bahan alami dapat digunakan?

Alat penjernih air dengan bahan alami dapat digunakan selama beberapa bulan tergantung dari frekuensi penggunaan dan kualitas air yang disaring.

3. Apakah alat penjernih air dengan bahan alami efektif dalam menyaring semua zat berbahaya dalam air?

Alat penjernih air dengan bahan alami dapat menyaring sebagian besar zat berbahaya dalam air, namun tidak efektif untuk menyaring zat-zat yang bersifat terlalu halus seperti virus dan bakteri.