Cara Membuat Alat Penjernih Air Dari Bahan Buatan

Kamu mungkin pernah mendengar tentang alat penjernih air, tetapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Alat penjernih air sangat berguna untuk menyaring kotoran, bakteri, dan bahan kimia dari air sehingga air menjadi lebih bersih dan aman untuk diminum. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat alat penjernih air dari bahan buatan yang mudah ditemukan di sekitar kamu.

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan alat penjernih air, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:- Botol plastik besar- Pasir halus- Kerikil kecil- Karbon aktif- KapasPastikan kamu telah mempersiapkan semua bahan di atas sebelum memulai proses pembuatan.

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat alat penjernih air dari bahan buatan:1. Bersihkan botol plastik besar dengan air bersih dan sabun untuk menghindari kuman dan bakteri yang mungkin ada di dalamnya.2. Potong bagian bawah botol dengan gunting atau pisau yang tajam.3. Letakkan kapas di bagian bawah botol, lalu masukkan karbon aktif.4. Tambahkan lapisan kerikil kecil dan pasir halus secara bergantian.5. Ulangi langkah 3 dan 4 hingga botol hampir penuh.6. Tutup bagian atas botol dengan kain atau karet gelang untuk menghindari masuknya kotoran dan debu.7. Letakkan botol penjernih air di tempat yang aman dan stabil.8. Tuangkan air yang akan disaring melalui lubang di bagian atas botol.9. Biarkan air meresap melalui lapisan-lapisan bahan penjernih air.10. Air yang keluar dari lubang di bagian bawah botol sudah disaring dan siap diminum.

FAQ

Q: Berapa lama alat penjernih air bisa digunakan?A: Alat penjernih air bisa digunakan selama beberapa bulan tergantung pada seberapa sering kamu menggunakannya dan kualitas air yang disaring.Q: Bisakah alat penjernih air digunakan untuk menyaring air laut?A: Tidak, alat penjernih air hanya efektif untuk menyaring air tawar.Q: Apakah alat penjernih air ini bisa menyaring semua jenis kotoran?A: Tidak, alat penjernih air hanya dapat menyaring kotoran dan bahan kimia yang lebih besar dari ukuran pori karbon aktif.

Kesimpulan

Membuat alat penjernih air dari bahan buatan ternyata cukup mudah dan murah. Dengan mempersiapkan bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa memiliki alat penjernih air yang efektif dan aman digunakan. Selain itu, alat penjernih air juga ramah lingkungan karena dapat digunakan berulang kali tanpa perlu membuangnya setiap kali digunakan. Yuk, cobalah membuat alat penjernih air dari bahan buatan di rumah! Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya untuk menambah pengetahuanmu!