Cara Kerja Alat Penjernih Air

Air merupakan kebutuhan utama manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Namun, tidak semua air yang tersedia di sekitar kita aman dan layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, alat penjernih air hadir sebagai solusi untuk menyediakan air yang bersih dan aman untuk dikonsumsi. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara kerja alat penjernih air.

1. Filtrasi

Filtrasi adalah tahap pertama dalam proses penyaringan air. Pada tahap ini, air diarahkan melalui media penyaring yang berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran halus seperti pasir, debu, dan lumpur yang tercampur dalam air. Tahap ini bisa menggunakan media penyaring seperti pasir, arang aktif, atau bahan sintetis.

2. Adsorpsi

Tahap adsorpsi merupakan proses penyerapan zat-zat yang terlarut dalam air. Pada tahap ini, air diarahkan melalui media penyaring yang berfungsi untuk menyerap zat-zat seperti klorin, bau, rasa, dan warna pada air. Media yang digunakan bisa berupa karbon aktif atau resin sintetis yang telah diaktivasi.

3. Ultrafiltrasi

Ultrafiltrasi adalah tahap penyaringan dengan menggunakan membran yang berpori sangat kecil sehingga mampu menyaring molekul air dan zat-zat yang terlarut dalam air. Pada tahap ini, air diarahkan melalui membran berpori yang ukurannya mencapai 0,01 mikron. Tahap ini mampu menyaring bakteri, virus, dan partikel lain yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Reverse Osmosis

Reverse osmosis adalah tahap penyaringan yang menggunakan tekanan untuk memaksa air melewati membran semi-permeabel yang memiliki pori-pori sangat kecil. Pada tahap ini, air diarahkan melalui membran semi-permeabel yang mampu menyaring zat-zat yang sulit disaring pada tahap-tahap sebelumnya, seperti logam berat dan ion negatif. Tahap ini juga mampu menghasilkan air yang bebas dari garam dan mineral.

5. Sterilisasi

Tahap sterilisasi dilakukan untuk memastikan air yang dihasilkan benar-benar steril dan bebas dari bakteri dan virus. Pada tahap ini, air yang telah disaring diarahkan melalui lampu UV atau proses pemanasan dalam suhu tinggi untuk membunuh bakteri dan virus yang mungkin masih tersisa.

6. Re-Mineralisasi

Re-mineralisasi adalah tahap yang dilakukan jika air yang dihasilkan kekurangan mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada tahap ini, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan, seperti kalsium, magnesium, dan kalium ditambahkan kedalam air untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam tubuh.

7. Penyimpanan

Setelah melalui tahap-tahap penyaringan dan sterilisasi, air yang dihasilkan disimpan dalam tangki penyimpanan untuk diambil saat dibutuhkan. Penting untuk menjaga kebersihan tangki penyimpanan agar air yang disimpan tetap bersih dan aman untuk dikonsumsi.

8. Distribusi

Air yang telah melalui tahap-tahap penyaringan dan sterilisasi siap untuk didistribusikan ke rumah-rumah atau tempat-tempat umum. Penting untuk memastikan sistem distribusi air yang digunakan aman dan bersih agar air yang dihasilkan tetap aman dan layak untuk dikonsumsi.

Kesimpulan

Alat penjernih air merupakan solusi untuk menyediakan air yang bersih dan aman untuk dikonsumsi. Melalui tahap-tahap penyaringan yang dilakukan, air yang tadinya tidak layak dikonsumsi menjadi air yang aman dan bersih. Dengan menggunakan alat penjernih air, kita bisa menghemat biaya pembelian air kemasan dan juga membantu menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi sampah plastik.

FAQ

Q: Apakah alat penjernih air bisa membersihkan air laut?
A: Ya, alat penjernih air yang menggunakan reverse osmosis mampu membersihkan air laut menjadi air tawar yang layak untuk dikonsumsi.

Q: Berapa lama umur alat penjernih air?
A: Umur alat penjernih air tergantung pada kualitas dan merk alat yang digunakan. Namun, dengan perawatan yang baik, umur alat penjernih air bisa mencapai 5-10 tahun.

Q: Bisakah alat penjernih air digunakan untuk air sumur?
A: Ya, alat penjernih air bisa digunakan untuk membersihkan air sumur. Namun, sebelum itu perlu dilakukan pengecekan kualitas air sumur terlebih dahulu.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya untuk menambah wawasan kamu.