Cara Buat Saringan Air Biar Jernih Di Kamar Mandi

Kamar mandi yang bersih dan nyaman selalu menjadi impian setiap orang. Namun, apabila air yang digunakan untuk mandi tidak jernih dan kotor, tentu akan mengurangi kenyamanan saat mandi. Maka dari itu, kamu bisa membuat saringan air agar air yang digunakan untuk mandi lebih jernih. Berikut adalah cara membuat saringan air biar jernih di kamar mandi.

1. Siapkan bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saringan air di kamar mandi adalah botol plastik bekas, gunting, peniti, kain perca, dan pasir.

2. Potong botol plastik

Potong botol plastik bekas menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama.

3. Buat lubang di bagian atas botol plastik

Buat beberapa lubang berdiameter kecil di bagian atas botol plastik. Lubang-lubang tersebut berfungsi sebagai saringan, sehingga air yang akan masuk ke dalam botol akan lebih jernih.

4. Isi botol dengan pasir

Isi separuh bagian bawah botol dengan pasir. Pasir yang digunakan bisa berupa pasir putih atau pasir dengan butiran kecil.

5. Tutup bagian atas botol dengan kain perca

Tutup bagian atas botol dengan kain perca dan jepit menggunakan peniti. Pastikan kain perca menutupi lubang-lubang yang telah dibuat pada bagian atas botol.

6. Pasang botol pada shower

Pasang botol yang telah dibuat pada shower. Pastikan botol terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

7. Cek saringan secara berkala

Cek saringan secara berkala untuk memastikan bahwa pasir dan kain perca masih bekerja dengan baik. Jika sudah kotor, bersihkan dan ganti dengan bahan yang baru.

8. Nikmati air yang lebih jernih

Sekarang air yang kamu gunakan untuk mandi akan lebih jernih dan bersih. Selain itu, saringan air juga dapat membantu menghilangkan kotoran dan partikel-partikel kecil yang ada di dalam air.

FAQ

1. Apakah saringan air dapat digunakan untuk air minum?

Tidak, saringan air hanya dapat digunakan untuk menyaring air mandi dan cuci. Untuk air minum, kamu membutuhkan saringan air yang lebih canggih dan sesuai standar kesehatan.

2. Berapa sering saringan air harus diganti?

Saringan air harus diganti secara berkala, tergantung dari seberapa sering kamu menggunakannya. Sebaiknya cek saringan secara rutin dan ganti bahan yang sudah kotor dengan yang baru.

3. Apa saja bahan yang dapat digunakan sebagai saringan air?

Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai saringan air antara lain pasir, kain perca, kapas, atau karbon aktif.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga informasi mengenai cara membuat saringan air biar jernih di kamar mandi ini bermanfaat untuk kamu. Silahkan baca artikel lainnya yang telah kami sediakan.