Cara Buat Saringan Air Biar Jernih

Air yang keruh dan tidak jernih bisa memengaruhi kualitas hidup kamu. Selain tidak sehat, air yang keruh juga dapat membuat penampilan rumah kamu kurang menarik. Ada banyak cara untuk menyaring air, salah satunya adalah membuat saringan air sendiri di rumah. Di artikel ini, kamu akan mempelajari cara membuat saringan air biar jernih dengan mudah.

1. Siapkan Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat saringan air adalah pasir, arang, kerikil, botol plastik bekas, kain saringan, serta gunting atau pisau. Pastikan bahan-bahan tersebut bersih sebelum digunakan.

2. Potong Botol Plastik

Potong botol plastik menjadi dua bagian dengan pisau atau gunting. Gunakan bagian yang berisi tutup untuk membuat saringan. Bagian yang lain bisa kamu gunakan untuk keperluan lain atau dibuang.

3. Buat Lapisan Pertama

Letakkan lapisan pertama dengan menggunakan kerikil ke dalam bagian bawah botol plastik yang berisi tutup. Pastikan kerikil tersebut bersih dan terdistribusi secara merata.

4. Buat Lapisan Kedua

Letakkan lapisan kedua dengan menggunakan arang. Lapisan arang ini berfungsi untuk menyerap zat-zat kimia yang terdapat pada air. Pastikan lapisan arang tersebut juga terdistribusi secara merata.

5. Buat Lapisan Ketiga

Letakkan lapisan ketiga dengan menggunakan pasir berwarna putih atau abu-abu. Pasir ini berfungsi untuk menyaring partikel-partikel halus yang terdapat pada air.

6. Taruh Kain Saringan

Taruh kain saringan di atas pasir. Kain ini berfungsi untuk menyaring partikel-partikel halus yang lolos melalui lapisan pasir.

7. Buat Lubang Pada Tutup Botol

Buatlah beberapa lubang pada tutup botol dengan benda tajam seperti pisau atau gunting. Lubang ini berfungsi sebagai tempat keluarnya air yang telah tersaring.

8. Tempatkan Saringan Air di Tempat yang Tepat

Setelah semua lapisan terpasang dengan rapi, tempatkan saringan air tersebut pada tempat yang tepat. Pastikan saringan air tersebut tidak mudah terguling dan dapat menampung air dengan cukup banyak.

FAQ

1. Apakah air yang telah disaring dengan saringan air tersebut bisa diminum langsung?Tidak, air yang telah disaring dengan saringan air tersebut belum tentu steril. Sebaiknya direbus terlebih dahulu sebelum diminum.2. Berapa lama saringan air tersebut bisa digunakan?Saringan air tersebut bisa digunakan selama beberapa bulan, tergantung pada seberapa sering digunakan dan seberapa banyak air yang disaring.3. Apakah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat saringan air tersebut harus diambil dari sumber yang khusus?Tidak, bahan-bahan yang digunakan dapat diambil dari sumber yang mudah didapat seperti pasir, arang, dan kerikil yang bersih.Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin membuat saringan air sendiri di rumah. Jangan lupa baca artikel lainnya yang juga menarik di website kami.