Cara Buat Penjernih Air Sederhana

Air bersih dan segar tidak bisa didapatkan dengan mudah, terutama di daerah yang sulit mendapatkan akses air bersih. Beberapa orang bahkan harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli air bersih. Namun, kamu bisa membuat penjernih air sederhana sendiri di rumah, sehingga air yang kamu gunakan lebih bersih dan sehat.

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat penjernih air sederhana adalah botol plastik bekas, kerikil, pasir halus, dan kapas. Pastikan bahan-bahan tersebut dalam kondisi bersih dan steril.

2. Potong Botol Plastik Bekas

Potong botol plastik bekas menjadi dua bagian, tetapi jangan sampai potongan tersebut terlalu kecil. Bagian bawah botol akan menjadi tempat untuk menampung air yang akan disaring, sedangkan bagian atas akan menjadi tempat untuk memasukkan kerikil, pasir, dan kapas.

3. Masukkan Bahan-Bahan ke dalam Botol

Masukkan bahan-bahan dalam urutan berikut: kerikil, pasir halus, dan kapas. Kerikil berfungsi untuk menyaring kotoran kasar, pasir halus untuk menyaring kotoran yang lebih halus, dan kapas untuk menyaring kotoran yang sangat halus.

4. Pasang Kembali Bagian Atas Botol

Pasangkan kembali bagian atas botol pada bagian bawah botol yang sudah diisi dengan bahan-bahan tadi. Pastikan bagian atas botol pas di bagian bawah botol dan rapat agar air tidak tumpah.

5. Cek Kembali Kondisi Botol

Cek kondisi botol, pastikan tidak ada bagian yang rusak atau bocor. Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar botol dari debu atau kotoran yang menempel.

6. Siap Digunakan

Penjernih air sederhana siap digunakan. Tambahkan air yang akan disaring melalui bagian atas botol, dan biarkan air mengalir melalui kerikil, pasir, dan kapas hingga keluar ke bagian bawah botol. Lakukan beberapa kali hingga air benar-benar bersih.

7. Perawatan Penjernih Air

Setelah digunakan, bersihkan penjernih air dengan air bersih dan biarkan kering. Jangan biarkan bahan-bahan di dalam botol terlalu lama karena dapat menimbulkan bau tidak sedap dan kuman.

8. Manfaat Penjernih Air Sederhana

Dengan menggunakan penjernih air sederhana, kamu bisa mendapatkan air bersih dan sehat tanpa perlu mengeluarkan uang yang banyak. Selain itu, penjernih air sederhana juga ramah lingkungan karena tidak membutuhkan energi listrik dan tidak menghasilkan limbah berbahaya.

Kesimpulan

Membuat penjernih air sederhana dapat membantu kamu mendapatkan air bersih dan sehat di rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Selain itu, penjernih air sederhana yang kamu buat sendiri juga ramah lingkungan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat penjernih air sederhana dengan mudah.

FAQ

1. Apakah penjernih air sederhana bisa menyaring virus dan bakteri?
Penjernih air sederhana hanya bisa menyaring kotoran yang kasar hingga sangat halus, sehingga tidak bisa menyaring virus dan bakteri.

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat penjernih air sederhana?
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah botol plastik bekas, kerikil, pasir halus, dan kapas.

3. Bagaimana cara membersihkan penjernih air sederhana?
Bersihkan penjernih air sederhana dengan air bersih dan biarkan kering. Jangan biarkan bahan-bahan di dalam botol terlalu lama karena dapat menimbulkan bau tidak sedap dan kuman.

4. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyaring air menggunakan penjernih air sederhana?
Waktu yang diperlukan untuk menyaring air menggunakan penjernih air sederhana tergantung pada jumlah air yang akan disaring dan kondisi bahan-bahan di dalam botol.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.