Cara Bikin Saringan Air Biar Jernih

Membuat saringan air yang bisa digunakan untuk memurnikan air dari kotoran, bakteri, dan benda-benda lainnya tidaklah sulit. Dengan bahan-bahan sederhana dan alat yang mudah didapatkan, kamu bisa membuat saringan air sendiri di rumah.

1. Pilih bahan yang tepat

Bahan saringan air bisa beragam, mulai dari pasir, kerikil, arang aktif, hingga kapas. Namun, untuk memperoleh hasil saringan yang maksimal, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang dapat menetralkan kadar pH, seperti pasir kuarsa, arang, dan kerikil.

2. Siapkan wadah saringan

Wadah saringan yang ideal adalah yang terbuat dari bahan yang tidak beracun, berlubang-lubang halus, dan memiliki ukuran yang sesuai dengan bahan yang akan disaring. Kamu bisa menggunakan botol plastik bekas atau ember yang sudah tidak terpakai.

3. Susun bahan secara bergantian

Setelah semua bahan tersedia, susun bahan secara bergantian di dalam wadah saringan. Susunan bahan dimulai dari kerikil, arang aktif, pasir, hingga kapas. Pastikan lapisan setiap bahan memiliki ketebalan yang sama.

4. Buat lubang kecil di bagian bawah saringan

Pada bagian bawah wadah saringan, buatlah lubang kecil sekitar 1-2 cm. Lubang ini berfungsi sebagai tempat keluarnya air yang telah disaring.

5. Uji kualitas saringan

Untuk menguji kualitas saringan, kamu bisa menuangkan air pada wadah saringan dan diamkan selama beberapa menit. Perhatikan perbedaan kualitas air sebelum dan sesudah disaring.

6. Bersihkan saringan

Saringan air perlu dibersihkan secara berkala agar kinerjanya tetap optimal. Bersihkan saringan dengan cara menyiramkannya dengan air bersih dan gosoklah bagian-bagian saringan yang tersumbat.

7. Simpan saringan di tempat yang bersih dan kering

Setelah selesai digunakan, simpan saringan di tempat yang bersih dan kering agar saringan tetap terjaga kualitasnya dan tidak mudah terkontaminasi oleh kotoran.

8. Buat saringan air dengan ukuran yang tepat

Penting untuk membuat saringan air dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan membuat saringan yang terlalu besar atau kecil karena dapat mempengaruhi kualitas hasil saringan.

FAQ

1. Bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat saringan air?
Saringan air bisa dibuat dengan beragam bahan, seperti pasir, kerikil, arang aktif, dan kapas. Namun, untuk hasil saringan yang maksimal, disarankan memilih bahan-bahan yang dapat menetralkan kadar pH, seperti pasir kuarsa, arang, dan kerikil.

2. Apakah saringan air perlu dibersihkan?
Ya, saringan air perlu dibersihkan secara berkala agar kinerjanya tetap optimal. Bersihkan saringan dengan cara menyiramkannya dengan air bersih dan gosoklah bagian-bagian saringan yang tersumbat.

3. Berapa lama umur saringan air?
Umur saringan air tergantung dari kualitas bahan dan frekuensi penggunaan. Namun, jika dirawat dan dibersihkan dengan baik, umur saringan air bisa mencapai beberapa bulan hingga setahun.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.