Buatlah Gambar Bagan Rangkaian Proses Penjernihan Air Secara Sederhana

Penjernihan air merupakan proses yang sangat penting dalam dunia kesehatan dan lingkungan. Air yang tercemar dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan serta merusak lingkungan. Oleh karena itu, air harus dijernihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas bagaimana gambar rangkaian proses penjernihan air secara sederhana.

1. Pengumpulan Air

Proses pertama adalah pengumpulan air mentah dari sumber air seperti sungai, danau, atau sumur. Air mentah ini kemudian disimpan dalam bak-bak yang disebut bak penampung.

2. Screening

Setelah air mentah dikumpulkan, proses selanjutnya adalah screening, yaitu proses penyaringan air untuk menyingkirkan benda-benda besar seperti batu, ranting, dan daun.

3. Klarifikasi

Setelah screening, air tersebut akan mengalami proses klarifikasi, yaitu proses pengendapan partikel-partikel kecil seperti lumpur, tanah, dan pasir yang masih tersisa di dalam air.

4. Filtrasi

Setelah proses klarifikasi, air dipompa ke dalam filter untuk menghilangkan partikel-partikel kecil yang masih tersisa. Filter ini terbuat dari pasir dan batu kerikil yang berfungsi sebagai media filtrasi.

5. Aerasi

Setelah proses filtrasi, air kemudian dialirkan ke dalam kolam aerasi. Di dalam kolam aerasi, air dicampur dengan oksigen untuk menghilangkan bau dan rasa yang tidak sedap.

6. Desinfeksi

Setelah proses aerasi, proses selanjutnya adalah desinfeksi, yaitu proses penghilangan bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya yang masih tersisa di dalam air menggunakan bahan kimia seperti klorin.

7. Penyimpanan

Setelah diproses dan dijernihkan, air tersebut kemudian disimpan dalam bak penyimpanan sebelum didistribusikan ke pengguna.

8. Distribusi

Air yang telah dijernihkan kemudian didistribusikan melalui sistem pipa ke rumah-rumah, gedung-gedung, dan tempat-tempat lainnya sebagai air minum atau air untuk kebutuhan lainnya.

FAQ

Q: Apa yang terjadi jika air tidak dijernihkan?
A: Air yang tidak dijernihkan dapat mengandung bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan penyakit dan infeksi jika dikonsumsi.Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjernihkan air?
A: Waktu yang dibutuhkan untuk menjernihkan air tergantung pada tingkat pencemaran air tersebut serta jenis proses penjernihannya.Q: Apakah air hasil penjernihan aman untuk diminum?
A: Ya, air hasil penjernihan aman untuk diminum asalkan telah melewati proses penjernihan yang tepat dan tidak tercemar kembali saat distribusi.

Kesimpulan

Melalui proses pengumpulan, screening, klarifikasi, filtrasi, aerasi, desinfeksi, penyimpanan, dan distribusi, air mentah dapat dijernihkan dan aman untuk digunakan. Proses penjernihan air sangat penting untuk menjaga kesehatan dan lingkungan. Mari kita jaga kebersihan air untuk kehidupan yang lebih sehat dan bersih. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.