Bahan Bahan Membuat Penjernih Air Sederhana

Kamu pasti sudah tahu bahwa air adalah kebutuhan primer manusia. Namun, bagaimana jika kamu tinggal di daerah yang airnya keruh dan tidak layak konsumsi? Jangan khawatir, kamu bisa membuat penjernih air sederhana menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa kamu gunakan.

1. Tanah Liat

Tanah liat merupakan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membuat penjernih air. Caranya, siapkan botol plastik bekas dan lubangi bagian tutupnya. Isi setengah botol dengan pasir bersih, lalu tambahkan tanah liat sebanyak 1/4 bagian botol. Kemudian, tambahkan batu kecil dan arang aktif masing-masing sebanyak 1/8 bagian botol. Setelah itu, tambahkan pasir bersih lagi hingga penuh dan tutup botolnya. Penjernih air sederhana dari tanah liat siap digunakan.

2. Arang Aktif

Arang aktif juga bisa kamu gunakan sebagai bahan penjernih air sederhana. Kamu bisa menggunakan arang aktif yang dijual di toko-toko peralatan dapur. Caranya, masukkan arang aktif ke dalam botol plastik bekas. Kemudian, tuangkan air yang akan dijernihkan ke dalam botol tersebut dan biarkan selama beberapa menit. Air akan tersaring dan menjadi lebih bersih.

3. Kerikil

Kerikil juga bisa digunakan sebagai bahan penjernih air sederhana. Caranya, siapkan botol plastik bekas yang telah dibersihkan. Isi setengah bagian botol dengan kerikil, lalu tambahkan pasir bersih sebanyak 1/4 bagian botol. Kemudian, tambahkan tanah liat dan batu kecil masing-masing sebanyak 1/8 bagian botol. Setelah itu, tambahkan pasir bersih lagi hingga penuh dan tutup botolnya. Penjernih air sederhana dari kerikil siap digunakan.

4. Pasir

Pasir adalah bahan penjernih air sederhana yang paling mudah didapat. Caranya, siapkan botol plastik bekas dan lubangi bagian tutupnya. Isi setengah bagian botol dengan pasir kasar, lalu tambahkan kerikil sebanyak 1/4 bagian botol. Kemudian, tambahkan batu kecil dan arang aktif masing-masing sebanyak 1/8 bagian botol. Setelah itu, tambahkan pasir dan tutup botolnya. Penjernih air sederhana dari pasir siap digunakan.

5. Daun Jati

Daun jati juga bisa kamu gunakan sebagai bahan penjernih air sederhana. Caranya, rebus daun jati dengan air hingga mendidih. Setelah itu, dinginkan dan saring airnya. Air akan menjadi lebih jernih dan siap untuk digunakan.

6. Cangkang Telur

Cangkang telur mempunyai kandungan kalsium karbonat yang dapat mengikat partikel air yang keruh. Caranya, masukkan cangkang telur yang telah dikeringkan ke dalam botol air yang keruh. Kemudian, biarkan selama beberapa saat hingga air menjadi lebih jernih.

7. Kamper

Kamper memiliki sifat yang dapat mengendapkan partikel-partikel air yang keruh. Caranya, siapkan kamper dan letakkan di dalam botol air yang keruh. Biarkan selama beberapa saat, kemudian saring airnya. Air akan menjadi lebih jernih dan siap untuk digunakan.

8. Daun Sirih

Daun sirih dapat membunuh mikroorganisme yang terdapat pada air keruh. Caranya, rebus daun sirih dengan air hingga mendidih. Setelah itu, dinginkan dan saring airnya. Air akan menjadi lebih bersih dan siap untuk digunakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat penjernih air sederhana. Namun, perlu diingat bahwa penjernih air sederhana hanya dapat membersihkan air dari partikel-partikel kecil, bukan dari virus atau bakteri. Oleh karena itu, pastikan kamu memperoleh air yang benar-benar bersih dan aman untuk dikonsumsi.

FAQ

Q: Apakah penjernih air sederhana bisa membersihkan air dari bakteri dan virus?
A: Tidak. Penjernih air sederhana hanya membersihkan air dari partikel-partikel kecil.Q: Berapa lama proses penjernihan air dengan menggunakan penjernih sederhana?
A: Waktu yang dibutuhkan bergantung pada bahan yang digunakan. Namun, umumnya membutuhkan waktu beberapa menit hingga beberapa jam.Q: Apakah semua bahan yang digunakan dalam penjernih air sederhana aman untuk kesehatan?
A: Ya, semua bahan yang digunakan dalam penjernih air sederhana aman untuk kesehatan jika digunakan dengan benar dan tidak berlebihan.Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya untuk menambah pengetahuanmu.