Apakah Fungsi Penggunaan Desinfektan Pada Alat Penjernihan Air

Saat ini, air yang berada di alam sudah tidak lagi terjamin kebersihannya. Dalam hal ini, alat penjernih air sangat dibutuhkan untuk membuat air menjadi bersih. Namun, perlukah penggunaan desinfektan pada alat penjernih air tersebut? Simak pembahasan berikut untuk mengetahui fungsi penggunaan desinfektan pada alat penjernih air.

Apa itu Desinfektan?

Desinfektan adalah zat kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghilangkan mikroorganisme patogen pada suatu benda. Contohnya seperti pada air atau permukaan lantai. Penggunaan desinfektan sangat bermanfaat untuk mencegah penyebaran penyakit.

Alat Penjernih Air

Alat penjernih air merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan air dari kotoran. Proses tersebut dilakukan dengan cara menyaring air yang kemudian air tersebut akan keluar bersih dari alat penjernih air tersebut.

Fungsi Penggunaan Desinfektan pada Alat Penjernih Air

Penggunaan desinfektan pada alat penjernih air sangatlah penting. Desinfektan dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur yang mungkin masih ada pada air yang dihasilkan dari alat penjernih air. Dengan begitu, kualitas air yang keluar dari alat penjernih air akan lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Jenis-jenis Desinfektan

Terdapat beberapa jenis desinfektan yang dapat digunakan pada alat penjernih air. Beberapa jenis desinfektan yang sering digunakan adalah klorin, ozon, dan UV-C. Setiap jenis desinfektan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cara Penggunaan Desinfektan pada Alat Penjernih Air

Penggunaan desinfektan pada alat penjernih air harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan terlalu banyak menggunakan desinfektan karena dapat merusak kualitas air yang dihasilkan. Pastikan juga desinfektan yang digunakan sudah sesuai dengan jenis alat penjernih air yang digunakan.

Keuntungan Penggunaan Desinfektan pada Alat Penjernih Air

Penggunaan desinfektan pada alat penjernih air akan memberikan keuntungan bagi penggunanya. Keuntungan tersebut antara lain:1. Menghilangkan mikroorganisme patogen pada air2. Menjaga kualitas air yang dihasilkan tetap bersih dan aman untuk dikonsumsi3. Mencegah penyebaran penyakit akibat air yang terkontaminasi

Kerugian Penggunaan Desinfektan pada Alat Penjernih Air

Meskipun memiliki keuntungan, penggunaan desinfektan juga memiliki kerugian. Adapun kerugian tersebut antara lain:1. Penggunaan desinfektan yang berlebihan dapat merusak kualitas air yang dihasilkan2. Biaya untuk membeli desinfektan cukup tinggi3. Beberapa jenis desinfektan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada air

FAQ

1. Apakah penggunaan desinfektan menyebabkan air menjadi tidak sehat untuk dikonsumsi?Tidak, penggunaan desinfektan pada alat penjernih air justru akan membuat air menjadi bersih dan aman untuk dikonsumsi.2. Apa jenis desinfektan yang paling baik untuk digunakan pada alat penjernih air?Jenis desinfektan yang paling baik untuk digunakan pada alat penjernih air tergantung pada jenis alat penjernih air yang digunakan. Ada beberapa jenis desinfektan yang dapat dipilih, yaitu klorin, ozon, dan UV-C.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan desinfektan pada alat penjernih air sangatlah penting. Desinfektan dapat membunuh mikroorganisme patogen pada air yang keluar dari alat penjernih air. Dengan begitu, kualitas air yang dihasilkan akan lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi. Namun, penggunaan desinfektan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak kualitas air yang dihasilkan. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.