Apakah Fungsi Kaporit Dalam Alat Penjernih Air

Kamu pasti sering mendengar kata kaporit yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk penjernih air. Tapi apakah kamu tahu sebenarnya apa fungsi dari kaporit tersebut? Artikel ini akan membahas mengenai fungsi kaporit dalam alat penjernih air.

Apa itu Kaporit?

Kaporit atau juga disebut dengan Ca(ClO)2 adalah senyawa kimia yang terdiri dari kalsium, klorin, dan oksigen. Kaporit memiliki sifat sebagai zat pemutih dan disinfektan yang sangat kuat. Karena itulah, kaporit banyak digunakan sebagai bahan dalam alat penjernih air.

Fungsi Kaporit dalam Alat Penjernih Air

Kaporit memiliki fungsi utama sebagai bahan disinfektan dalam proses penjernihan air. Kaporit bekerja dengan cara membunuh bakteri, virus, dan kuman lainnya pada air. Selain itu, kaporit juga berfungsi untuk menghilangkan bau dan rasa yang tidak sedap pada air.

Jenis-jenis Kaporit yang Digunakan dalam Penjernihan Air

Dalam proses penjernihan air, terdapat dua jenis kaporit yang sering digunakan, yaitu kaporit padat dan kaporit cair. Kaporit padat biasanya digunakan pada air yang memiliki kandungan organik yang tinggi. Sedangkan kaporit cair lebih sering digunakan pada air yang tercemar limbah industri.

Cara Penggunaan Kaporit dalam Penjernihan Air

Penggunaan kaporit dalam penjernihan air harus dilakukan dengan hati-hati sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Kaporit padat biasanya dicampur dengan air terlebih dahulu hingga larut, kemudian dituangkan ke dalam sistem penjernih air. Sedangkan kaporit cair dapat langsung dicampurkan ke dalam air yang akan dijernihkan.

Bahaya Penggunaan Kaporit yang Tidak Sesuai

Penggunaan kaporit yang tidak sesuai dengan cara yang benar dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia. Kaporit yang digunakan dengan dosis yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan. Selain itu, jika kaporit digunakan dalam jumlah yang tidak tepat, maka dapat menimbulkan kandungan klorin di dalam air yang dapat membahayakan kesehatan.

Alternatif Pengganti Kaporit dalam Penjernihan Air

Seiring dengan semakin tingginya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, maka semakin banyak juga alternatif pengganti kaporit dalam penjernihan air. Beberapa alternatif yang dapat digunakan antara lain adalah zeolit, karbon aktif, dan ozon.

FAQ

Q: Apakah kaporit dapat digunakan untuk air minum?
A: Ya, kaporit dapat digunakan untuk air minum, namun dengan dosis dan cara penggunaan yang sesuai. Q: Berapa dosis penggunaan kaporit yang tepat dalam penjernihan air?
A: Dosis penggunaan kaporit harus disesuaikan dengan kapasitas sistem penjernih air dan kandungan pencemar pada air yang akan dijernihkan.

Kesimpulan

Kaporit memiliki fungsi utama sebagai bahan disinfektan dalam proses penjernihan air. Namun, penggunaan kaporit harus dilakukan dengan hati-hati sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Selain itu, terdapat juga alternatif pengganti kaporit dalam penjernihan air yang lebih ramah lingkungan. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silakan baca artikel lainnya.