Apa Saja Yang Disaring Alat Penjernih Air

Air adalah sumber kehidupan yang penting bagi manusia. Kita membutuhkan air untuk menghidupkan tubuh dan menjaga kesehatan. Namun, tidak semua air bersih dan aman untuk diminum. Oleh karena itu, alat penjernih air sangat penting untuk menjaga kualitas air yang diminum. Di artikel ini, kita akan membahas apa saja yang disaring oleh alat penjernih air.

1. Klorin

Klorin adalah bahan kimia yang biasa digunakan untuk menghilangkan bakteri dan virus dari air. Namun, klorin sendiri dapat menyebabkan bau dan rasa yang tidak sedap pada air. Alat penjernih air akan menyaring klorin dan menghasilkan air yang lebih segar dan enak diminum.

2. Sedimen

Sedimen adalah partikel-partikel padat yang ada dalam air. Partikel-partikel ini dapat berasal dari tanah, karang, atau kotoran manusia dan hewan. Alat penjernih air akan menyaring sedimen dan menghasilkan air yang lebih jernih dan bersih.

3. Zat Besi

Zat besi dapat menyebabkan air berubah warna menjadi kuning atau coklat. Zat besi juga dapat menyebabkan bau dan rasa yang tidak sedap pada air. Alat penjernih air akan menyaring zat besi dan menghasilkan air yang lebih jernih dan bersih.

4. Zat Kimia

Zat kimia seperti pestisida atau bahan kimia lainnya dapat masuk ke dalam sumber air dan menyebabkan bahaya pada kesehatan manusia. Alat penjernih air akan menyaring zat kimia dan menghasilkan air yang lebih aman untuk diminum.

5. Bakteri dan Virus

Bakteri dan virus dapat menyebabkan penyakit dan infeksi pada tubuh manusia. Alat penjernih air akan menyaring bakteri dan virus dan menghasilkan air yang aman untuk diminum.

6. Logam Berat

Logam berat seperti timbal dan merkuri dapat terdapat dalam air dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh manusia. Alat penjernih air akan menyaring logam berat dan menghasilkan air yang lebih aman untuk diminum.

7. Garam

Garam dapat menyebabkan air terasa asin dan tidak enak diminum. Alat penjernih air akan menyaring garam dan menghasilkan air yang lebih segar dan enak diminum.

8. pH yang Tidak Seimbang

pH yang tidak seimbang dapat mengakibatkan masalah pada kesehatan manusia. Alat penjernih air akan menyaring pH dan menghasilkan air yang seimbang dan aman untuk diminum.

FAQ

Q: Berapa lama sebaiknya mengganti filter pada alat penjernih air?

A: Filter pada alat penjernih air sebaiknya diganti setiap 3-6 bulan untuk menjaga kualitas air yang dihasilkan.

Q: Apakah alat penjernih air dapat menghilangkan semua bakteri dan virus pada air?

A: Tidak semua alat penjernih air dapat menghilangkan semua jenis bakteri dan virus pada air. Namun, alat penjernih air yang berkualitas tinggi dapat menghilangkan sebagian besar bakteri dan virus pada air.

Q: Apakah harga alat penjernih air yang mahal selalu lebih baik dari yang murah?

A: Tidak selalu. Harga alat penjernih air yang mahal tidak selalu menjamin kualitas yang lebih baik. Namun, alat penjernih air yang berkualitas tinggi biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu kamu memahami apa saja yang disaring oleh alat penjernih air. Silahkan baca artikel lainnya di website kami.